Waduh! Netizen China Bakal Boikot 'Running Man', Ada Apa Nih?

Lifestyle - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
09 December 2020 17:50
SBS Running Man (Website SBS Running Man)

Jakarta, CNBC Indonesia - Netizen China mengunggah beberapa foto pada 7 Desember lalu di Weibo, platform media sosial terpopuler di China, dan menyerukan boikot acara hiburan ternama Korea Selatan berjudul 'Running Man'.

Menurut mereka, 'Running Man' melanggar salah satu prinsip dari China, sebagaimana dikutip dari Allkpop, Rabu (09/12/2020).

Salah satu pemeran 'Running Man' melakukan suatu permainan papan yang disebut Blue Marble. Mirip dengan permainan papan Monopoli di mana para pemain dapat membeli tanah dan properti di kota-kota di seluruh dunia.


Para netizen China mempermasalahkan bahwa Taipei, ibu kota Taiwan, diberi ubin terpisah dari Beijing, China. Mereka mengklaim jika Taiwan adalah bagian dari China.

Sederet komentar yang ditinggalkan oleh netizen China yang mengatakan mereka akan memboikot 'Running Man' bersama dengan foto yang menunjukkan bahwa mereka menghapus file acara dari daftar tontonan mereka.

Cuplikan acara 'Running Man' tersebut menduduki posisi keenam di trending topic Weibo karena banyak netizen China turut berkomentar.

Tahun ini industri hiburan Korea menjadi incaran netizen asal China. Pada Oktober, BTS menjadi target karena mereka menerima penghargaan atas kontribusi mereka terhadap hubungan Korea Selatan-AS.

Netizen China mempermasalahkan pernyataan RM tentang kedua negara tersebut, dengan mengatakan, "Kami akan selalu mengingat sejarah rasa sakit yang dialami oleh kedua negara kami bersama dan pengorbanan dari pria dan wanita yang tak terhitung jumlahnya."

Para netizen menyerang grup tersebut dengan mengatakan BTS tidak menunjukkan rasa hormat kepada tentara China yang terbunuh dalam Perang Korea dan kelompok tersebut tidak menghormati martabat China.

Bulan lalu, ada banyak kritik terhadap Blackpink di China atas fakta bahwa anggota Blackpink melakukan kontak dengan panda tanpa sarung tangan.

Netizen Korea telah mengungkapkan kemarahan mereka pada berbagai komunitas online tentang masalah ini saat mereka berkomentar, "Para netizen China ini tetap menonton 'Running Man' secara ilegal."

"Kami tidak peduli jika orang China tidak menonton pertunjukan,"

"Ya, jangan tidak menonton acara kami,"

"Yeah, buzz off,"

"Jangan menonton acara kami dan membuat salinan acara 'Running Man'"

"Mereka bertindak seolah-olah mempengaruhi pertunjukan dengan tidak menonton atau semacamnya, lol"

"Mengapa mereka sangat menyebalkan?"


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh! Lee Kwang Soo 'Pangeran Asia' Keluar dari Running Man


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading