Juara Dunia F1 Lewis Hamilton Positif Covid-19

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
01 December 2020 16:03
Lewis Hamilton/AP Photo/Andy Brownbill

Jakarta, CNBC Indonesia - Juara dunia balap mobil internasional Formula 1 (F1) Lewis Hamilton dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19). Akibatnya akan absen pada Grand Prix Sakhir akhir pekan ini di Bahrain.

"Sesuai dengan protokol Covid-19 dan pedoman otoritas kesehatan masyarakat di Bahrain, dia (Hamilton) sekarang diisolasi... Prosedur yang ditetapkan oleh FIA dan Formula 1 akan memastikan tidak ada dampak yang lebih luas pada acara akhir pekan ini," kata pernyataan badan pengatur F1, FIA pada Selasa (1/12/2020), dikutip dari AFP.




Hamilton, yang pada Minggu (29/11/2020) memenangkan Grand Prix Bahrain, balapan pertama di negara Teluk, telah mengamankan rekor kejuaraan dunia ketujuh yang menyamai rekor musim ini.

"Dia bangun pada Senin pagi dengan gejala ringan dan diberitahu pada saat yang sama bahwa kontak sebelum kedatangan di Bahrain kemudian dinyatakan positif," kata pernyataan dari tim Mercedes Hamilton.



Oleh karena itu, Lewis mengambil tes lebih lanjut dan mendapatkan hasil positif. Ia juga telah dikonfirmasi oleh tes ulang.

"Lewis sekarang mengisolasi sesuai dengan protokol Covid-19 dan pedoman otoritas kesehatan masyarakat di Bahrain. Terlepas dari gejala ringan, dia bugar dan sehat, dan seluruh tim mengirimkan harapan terbaiknya untuk kesembuhan yang cepat," lanjut timnya.

Mercedes menambahkan bahwa Hamilton telah diuji tiga kali pekan lalu dan selalu mendapatkan hasil negatif, dan terakhir dilakukan pada Minggu sore di sirkuit Bahrain.

Bos Mercedes Toto Wolff mengungkapkan Hamilton dan rekan setimnya Valtteri Bottas harus hidup layaknya pertapa pada awal musim ini untuk menghindari Covid-19. Wolff mengatakan hal ini setelah tim tersebut mencatat dua kasus positif di Eifel Grand Prix di Jerman pada Oktober lalu.

Wolff mengatakan kedua pengemudi dikurung di kamar mereka. "Mereka paling dibatasi dari keseluruhan grup, dari keseluruhan tim. Ini jelas bukan situasi yang bagus bagi mereka karena Anda hampir harus hidup seperti seorang pertapa - dan itulah yang mereka lakukan," katanya.

"Mereka ada di rumah, mereka tidak akan keluar untuk makan malam dan tidak bertemu orang lain. Saat kami melakukan pembekalan singkat, oleh Zoom atau Microsoft Teams, mereka tidak duduk dengan teknisi mereka di dalam ruangan," tutupnya.


Artikel Selanjutnya

6 Kali Juara Dunia Formula 1, Lewis Hamilton Ternyata 'Rapuh'


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading