Jebret! Arab Saudi Gelar Liga Sepak Bola Wanita Pertama

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
19 November 2020 14:02
Pesepak bola wanita asal Amerika Serikat Megan Rapinoe meraih penghargaan Ballon d'Or Wanita di Paris: IG: mrapinoe Foto: Ilustrasi (IG: mrapinoe)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan diselenggarakannya liga sepak bola wanita pertama dalam sejarah kerajaan itu. Melansir dari Arab News, kompetisi bersejarah itu sudah dimulai pada Selasa (17/11/2020), dengan diikuti 24 tim.

Liga diikuti tim sepakbola wanita yang tersebar di wilayah Riyadh, Jeddah, dan Dammam. Hadiahnya uang tunai US$ 133.000 (sekitar Rp 1,8 miliar).




Langkah ini diyakini penting bagi dunia olahraga Saudi. Abdullah Alyami, pelatih sepak bola dan reporter olahraga, mengatakan dia mengharapkan lebih banyak wanita untuk berpartisipasi di turnamen mendatang.

"Ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi semua atlet, baik pria maupun wanita," katanya, dikutip Kamis (18/11/2020).



"Dan berdasarkan apa yang telah kita lihat, dan betapa favoritnya olahraga sepak bola di seluruh Kerajaan, saya yakin kita akan melihat lebih banyak saudari kita yang terlibat dalam olahraga profesional."

Sebenarnya turnamen itu direncanakan mulai pada Maret lalu. Namun pandemi corona (Covid-19) memaksa lapangan hijau untuk menutup sementara semua pintu.

Sayangnya pertandingan itu tidak akan disiarkan secara luas. Namun warga Arab disebut sangat antusias.

Najla Ahmed, 16 tahun dari Riyadh yang bermain di tim sepak bola sekolahnya, mengatakan dia akan mencoba untuk tim lokal pada 2021.

"Saya akan berusia 17 tahun, dan karena itu memenuhi syarat, dan saya ingin sekali melihat siapa pun mencoba dan menghentikan saya," katanya.

Reformasi dilakukan Saudi di masa kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Banyak kesempatan dibuka untuk wanita seperti berkuliah, mengendarai mobil, hingga berolahraga.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading