Tips Membeli Tanaman Hias Bagi Newbie, Apa Saja?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
13 November 2020 18:25
Variegated Philodendron Minima (Tangkapan Layar Trade Me)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias kini masih menjadi primadona. Banyak orang, dengan berbagai macam latar belakang, berbondong-bondong membeli tanaman hias untuk mengisi hobi selama pandemi.

Pemilik Delfawood, Anjar (28), berbagi tips untuk kamu yang baru terjun ke dunia tanaman hias. Anjar sendiri sudah memiliki toko tanaman hias sejak 2016.




Kepada CNBC Indonesia, Anjar mengatakan satu hal utama yang harus diperhatikan pemula adalah berkomitmen dalam menyediakan waktu untuk merawat tanaman.

"Pertama, penting untuk menyediakan waktu, karena sebetulnya merawat tanaman membutuhkan komitmen ya," katanya saat dihubungi beberapa waktu lalu.

"Ini perawatan jangka panjang yang bisa dikatakan harus dilakukan selamanya (selama tanamannya hidup). Kalau memang punya waktu untuk mengurus tanaman, boleh membeli beberapa tanaman."

Philodendron Spiritus sanctiFoto: Philodendron Spiritus sancti
Philodendron Spiritus sancti



Menurut Anjar, penting juga mengetahui waktu kegiatan sebelum berkomitmen merawat tanaman hias. "Kalau misalnya kalap, hanya beli banyak tanaman tanpa merawatnya, terus ternyata setelah selesai PSBB ternyata punya banyak kerjaan dan gak bisa merawatnya ya kasihan tanamannya. Yang diperhitungkan ya waktu," paparnya.

Selain komitmen menyediakan waktu dalam merawat tanaman, Anjar juga menyarankan untuk menyediakan ruang untuk tanaman di hunian mereka.

"Yang harus diperhatikan adalah luas ruangan untuk menaruh tanaman. Karena kalau misalnya ruangannya tidak mumpuni atau apartemennya tidak memiliki balkon, atau jendelanya tidak bisa dibuka, itu akan membuat tanaman tersiksa, jadi tetap lokasi itu sangat penting," katanya.

Terakhir adalah budget atau anggaran membeli tanaman hias. Menurutnya, boleh saja mengikuti tren yang ada, tetapi tetap perlu menghitung anggaran pribadi.

"Terkadang karena tren kita jadi beli-beli saja, sampai akhirnya kita lupa prioritas. Jadi kalau mau beli tanaman enaknya punya banyak size yang sesuai dengan budget. Orang bisa beli tanaman dengan size yang lebih kecil agar lebih ekonomis," jelasnya.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading