Lifestyle

Ibu-ibu Cantik Awas Ketipu, Janda Bolong Tak Semahal Itu!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 October 2020 17:20
Ilustrasi tanaman hias janda bolong Hijau (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belakangan nama tanaman janda bolong atau nama ilmiahnya Monstera Adansonii tengah banyak diperbincangkan. Tanaman dengan daun yang bolong-bolong itu bisa dibanderol hingga Rp 100 juta.

Terkait hal itu, Peneliti Sistematik dan Taksonomi LIPI Yuzammi mengatakan bahwa tanaman dari Amerika Tropis tersebut tidak semahal itu. Dia menyebut bahwa harga termahal sekalipun sekitar Rp 100 ribu.


"Sebetulnya harganya tidak segitu, ini kan lagi ngetren jadi bisa mahal. Harga normal paling mahal Rp 100 ribu karena sebetulnya ini bukan tanaman hias yang dianggap dulu," kata Yuzammi kepada CNBC Indonesia, Kamis (15/10/2020).

Dia menuturkan bahwa tanaman janda bolong yang ada di Indonesia ini tidak langka. Itu lantaran mudah tumbuh dan dengan mudah dikembangbiakkan karena tergolong sebagai tanaman yang merambat.

Memperbanyak daun janda bolong dapat dilakukan dengan cara stek batang dan ditanam kembali di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Alih-alih disebut langka, Yuzammi menyebut bahwa janda bolong yang sangat langka adalah jenis Monstera Obliqua. Tanaman itu secara kasar mata hampir serupa, tapi Monstera Adansonii dan Monstera Obliqua memiliki sejumlah perbedaan yang spesifik.

Pertama, pertumbuhan Monstrea Adansonii tergolong cepat sedangkan Monstera Obliqua sangat lama. Kedua, bentuk bolong-bolong pada Monstera Adansonii melonjong, sedangkan Montrea Obliqua membulat dan lebih banyak.

Ketiga, saat daun Monstera Adansonii diraba terasa seperti kulit, pada Monstera Obliqua terasa seperti sehelai kertas. Keempat, Monstera Adansonii tidak memiliki sulur, sedangkan Monstera Obliqua terdapat sulur yang keluar dari batangnya.

monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)Foto: monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)
monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)

Monstrea Obliqua menurutnya tidak ada di Indonesia karena di negara asalnya sendiri juga susah tumbuh. Dengan mengetahui perbedaan di atas diharapkan pembeli jangan terkecoh dengan rupa dan tren yang ada.

"Kalau di Indonesia yang langka asli atau Monstera Obliqua enggak ada, tapi mungkin beberapa masyarakat ada yang punya. Ini langka karena di negara asalnya saja pun susah tumbuhnya lama. Jadi pembeli jangan terkecoh," kata dia.


Artikel Selanjutnya

Ini Deretan Tanaman yang Harganya Pernah Melambung Lalu Jatuh


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading