Cegah Covid-19, Ini Tips Makan di Restoran di Tengah Pandemi

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
08 October 2020 19:00
Ilustrasi Restoran KFC. CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia- Di masa pandemi Covid-19 mobilitas masyarakat dibatasi untuk menekan penularan virus ini salah satunya dengan upaya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satu kegiatan yang dibatasi adalah aktivitas makan di restoran atau kafe, dan lebih banyak makan di rumah.

Namun saat PSBB dilonggarkan, makan di restoran diperbolehkan kembali dengan sejumlah pembatasan. Di saat ini meski sudah bisa makan di tempat, pengunjung harus tetap memperhatikan beberapa hal agar tetap aman.

Dikutip dari CNNIndonesia, Healthline menjabarkan hal yang perlu diperhatikan saat makan di restoran di masa pandemi ini antara lain, protokol kesehatan pelayan restoran, ventilasi restoran, dan kebersihan alat-alat makan.


Selain ketiga hal tersebut, yang perlu diperhatikan lagi adalah penggunaan masker di restoran. Menggunakan masker merupakan salah satu dari kampanye 3M yang disampaikan pemerintah dan menjadi senjata ampuh mencegah penularan. #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitangan.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan masyarakat ketika makan di restoran di masa pandemi ini.

1.Pakai masker saat masuk restoran
Karena Anda datang untuk makan tanpa mengenakan masker, bukan berarti Anda tidak diharuskan mengenakan masker jika mengunjungi restoran atau kafe.

Selain sebagai syarat masuk sebuah restoran, gunakanlah masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

2. Buka masker saat pesanan datang
Bukalah masker ketika memang waktunya dibuka, artinya saat makan dan minum. Namun ketika menunggu makanan tiba, tetap gunakan masker anda dan jangan dilepas. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah droplet jatuh dan menempel di benda-benda sekitar, terutama ketika mengobrol sembari menunggu makanan.

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering melepas dan memakai masker kembali. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisasi kontak antara masker dan tangan.

3. Lepas masker Anda dengan baik
Dilansir dari Eatthis, sejumlah ahli menyatakan bahwa melepas masker yang baik dimulai dengan hanya menyentuh tali masker.

Hindari menyentuh bagian luar masker Anda karena bagian tersebut merupakan bagian yang paling riskan terkontaminasi kuman maupun virus.

4. Simpan masker di tempat khusus
Ke mana pun Anda pergi, sebaiknya membawa tas atau tempat khusus untuk menyimpan masker. Hindari meletakkan masker di atas meja saat makan.

Karena memastikan meja restoran tak bisa dipastikan benar-benar steril dari virus.

5. Setelah selesai makan, pakai kembali masker Anda
Jika setelah makan Anda tidak langsung pulang dan berbincang di meja terlebih dahulu, langsung gunakan kembali masker Anda. Ingatlah bahwa Anda sedang berada di tempat umum, di mana Anda kembali wajib memakai masker.

Selain kelima hal tersebut, sebaiknya masker yang digunakan diganti setiap 4 Jam. Masyarakat diwajibkan menggunakan masker di luar rumah. Selain itu, gunakanlah jenis masker yang sudah dianggap aman oleh pemerintah maupun WHO.

Bahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah dalam waktu lama untuk selalu mengganti masker setiap 4 jam. Selain itu masyarakat tetap harus mematuhi 3M ketika berada di luar rumah.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading