Percantik Ruangan, Ini Deretan Tanaman Hias Paling Hits

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 September 2020 17:22
Pekerja memeriksa kondisi bunga anggrek di kebun seluas dua hektar milik Niman, di kawasan Pondok Benda, Tangerang Selatan, Banten. Menurut data BPS, Bunga anggrek merupakan hasil panen tanaman hias terbesar kelima setelah Melati, Krisan, Mawar, Sedap Malam. Hasil panen sentra perkebunan Anggrek di provinsi Banten terus meningkat dan tertinggi pada hasil panen tanaman hias nasional, dari 5.628.179 pada tahun 2012, menjadi 7.283.894 di 2016. Hasil tersebut mengungguli Jawa Barat, sebanyak 7.626.316, yang menurun menjadi 5.010.003 pada periode tahun yang sama.
Namun jelang perayaan natal, petani di kawasan sentra perkebunan Anggrek di Tanggerang Selatan mengaku sulit memenuhi permintaan pasar yang meningkat. Hal tersebut disebabkan karena enam bulan belakangan hasil panen menurun drastis akibat iklim yang tidak menentu. Yang biasanya petani dapat memanen Bungan 80-100 ikat (seratus batang /ikat) setiap minggunya, menurun hingga hanya dapat memanen bunga sebulan satu kali, atau jika ada pesanan khusus.
Kondisi tersebut juga mempengaruhi harga jual, jika dalam kondisi normal harga jual per-ikat di tingkat petani berkisar antara Rp 50.000-60.000, melonjak hingga Rp 150.000-200.000.

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika dulu tanaman hias hanya dilirik segelintir orang, kini banyak orang berburu tanaman hias untuk mempercantik ruangannya.

Siapa sangka, setiap tahunnya pun tren tanaman hias yang digemari bisa berubah-ubah tak tentu arah. Tidaklah heran rasanya jika tren mengenai tanaman hias yang sedang ngetren saat ini banyak dicari sebagai referensi.



Tanaman Euphorbia


Tanaman euphorbia (Ist)Foto: Tanaman euphorbia (Ist)
Tanaman euphorbia (Ist)



Meskipun pamornya sudah tak sementereng dulu, namun salah satu jenis tanaman euphorbia ini kembali berjaya di tahun 2020 ini.

Tanaman ini bentuknya menyerupai kaktus. Bahkan, harganya pun ikut melambung tinggi.

Tanaman Crocodile Fern

crocodile fern (Win Florist)Foto: crocodile fern (Win Florist)
crocodile fern (Win Florist)



Tanaman hias yang sedang populer ini banyak digemari karena mudah beradaptasi dengan cuaca dan perawatannya pun tak sulit.
Karakteristiknya yaitu memiliki daun yang berkilau, teksturnya cukup tebal seperti kulit aligator.

Anthurium

Anthurium (Thehijau)Foto: Anthurium (Thehijau)
Anthurium (Thehijau)



Anthurium merupakan spesies tanaman hias yang sangat luas sehingga terdiri dari beberapa jenis berbeda. Salah satu yang belakangan ini sedang populer adalah Anthurium dengan varian daunnya lebih lebar dan lebih banyak.

Maranta Red Prayer Plant


Siapa sangka, tanaman hias yang populer sejak tahun 2019 lalu masih menjadi primadona berkat keunikannya. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis-garis nadi berwarna merah di tengah daunnya.

Tanaman hias indoor ini cocok disimpan di bingkai jendela, bingkai di atas perapian, atau rak-rak yang membutuhkan elemen dekorasi.

Anggrek Mutiara

Anggrek Mutiara (CNBC Indonesia)Foto: Anggrek Mutiara (CNBC Indonesia)
Anggrek Mutiara (CNBC Indonesia)



Tidak hanya cantik, tanaman anggrek selalu menjadi idola karena jenisnya yang beragam dan hampir semuanya memiliki tampilan yang sangat cantik. Namun, tanaman anggrek yang sedang populer saat ini adalah anggrek mutiara hitam atau black jewel orchid.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading