Kasus Covid-19 di DKI Masih Tinggi, Anies Segera Buka Bioskop

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
26 August 2020 10:22
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Mengumumkan Status PSBB Transisi Jakarta (Tangkapan Layar Youtube Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mengizinkan kembali operasional bioskop di DKI Jakarta. Kesiapan itu didapat usai Pemprov DKI Jakarta menemui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

"Kesimpulan pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat kegiatan bioskop akan dibuka, protokol kesehatan akan ditegakkan lewat adanya regulasi detail dan pengawasan ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa risiko besar. Bagi masyarakat ketika berkegiatan mereka akan aman," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan pers secara virtual.


Menurut dia, ada beberapa kajian yang dilakukan sebelum bioskop kembali dibuka. Dia juga menyebut jika ada beberapa keunikan jika bioskop ini kembali dibuka. Mulai dari penonton yang tidak boleh berbicara hingga pengaturan tempat duduk.

"Kalau bicara searah dan hanya yang saling kenal. Pengaturan tempat duduk ada kursi, bisa dilakukan pengendalian siapa duduk di mana, mirip situasi dengan penerbangan pesawat," kata Anies.



Dia mencatat, saat ini ada 47 negara yang sudah membuka kegiatan hiburan di bioskop. Korea Selatan salah satunya. Korsel bahkan menurut Anies tidak menutup bioskop meski dalam situasi puncak pandemi Covid-19.

Dia menambahkan, sebelum dibuka kembali ada hal-hal yang harus diperhatikan. Pertama, menyiapkan regulasi lengkap, termasuk di dalamnya membuat kualifikasi siapa saja yang bisa ikut menonton. Kedua, pengaturan pelaku industri ini.

"Pembicaraan sudah berlangsung, pelaku bersiap, terutama sejak Juni, sesudah DKI masuk masa transisi. Pelaku sektor ini sudah komunikasi membahas persiapan. Kami garis bawahi, persiapan silakan dilakukan, keputusan pembukaan melihat kondisi Jakarta," ujar Anies. 


Pembukaan bioskop di DKI Jakarta hadir di saat kasus konfirmasi positif Covid-19 di ibu kota masih tinggi. Sampai dengan Selasa (25/8/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus konfirmasi positif sebanyak 34.740. Jumlah itu bertambah 637 dibandingkan sehari sebelumnya. Dari jumlah itu, sebanyak 25.987 sembuh dan 1.1129 meninggal. 


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading