Orang Terkaya Dunia Ini Rugi Rp 88,2 T Seminggu, Kok Bisa?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 August 2020 07:20
CEO of LVMH Bernard Arnault presents the group's 2019 results during a press conference, in Paris, Tuesday, Jan. 28, 2020. (AP Photo/Thibault Camus)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang terkaya ketiga di dunia Bernard Arnault telah kehilangan $ 6 miliar (Rp 88,2 triliun) dari kekayaannya hanya dalam satu minggu. Ini lantaran sulitnya menjalani bisnis fesyen mewahnya LVMH di tengah pandemi Covid-19.

Kekayaan ketua dan CEO-nya itu merosot menjadi $ 106,2 miliar (Rp 1.561 triliun) dari $ 112,1 miliar (Rp 1.647 triliun) pada minggu lalu. Saham LVMH jatuh 8% selama seminggu setelah perusahaan mengungkapkan bahwa bisnisnya yang meliputi Louis Vuitton, Fenty dan Hennessy menghasilkan penjualan sekitar $ 21,7 miliar di paruh pertama tahun 2020 dan turun 27% dari periode yang sama pada 2019.


Analis sebelumnya memperkirakan penjualan turun dan laba LVMH anjlok 84% atau menjadi $ 615 juta di bawah perkiraan analis. Saham turun 4% pada hari Senin setelah pengumuman hal tersebut.

"LVMH menunjukkan ketahanan luar biasa terhadap krisis kesehatan serius yang dialami dunia pada paruh pertama 2020. Kami telah menunjukkan ketangkasan yang luar biasa dalam menerapkan langkah-langkah untuk menyesuaikan biaya mereka dan mempercepat pertumbuhan penjualan online," kata Arnault dalam sebuah pernyataan yang dirilis bersamaan dengan laporan pendapatan.

Pria berusia 71 tahun itu mengaku telah mengamati adanya tanda-tanda kuat dari peningkatan aktivitas penjualan. Sejak Juni, Arnault sangat waspada hingga akhir tahun ini.

Meskipun terjadi peningkatan tajam penjualan di China selama kuartal kedua, Arnault menyesalkan kinerjanya yang buruk pada penutupan toko-toko dan tempat-tempat pembuatannya di dunia dan penangguhan perjalanan internasional yang berlanjut.


Tidak hanya LVMH, ini juga dirasakan sesama rumah mode mewah Prancis lainnya yakni Gucci. Merek yang masuk dalam grup internasional Kering ini turun hampir 30% di paruh kedua ketika melaporkan laba mereka pada hari Rabu.

Kendati demikian, kekayaan pendiri miliuner Kering, Francois Pinault, tetap stabil minggu ini. Dia memiliki kekayaan bernilai $ 38,3 miliar dan berada diperingkat nomor 27 terkaya di dunia.

Saham-saham di CAC 40 yang lebih luas, sebuah indeks saham Perancis yang mencakup LVMH dan Kering, turun 3% selama seminggu, sementara di AS, S&P 500 naik tipis sekitar 2%.

Sebelumnya, Arnault telah memilki kekayaan $ 100 miliar pada akhir tahun lalu dan sempat menyalip Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia pada bulan Januari, meskipun hanya sebentar.

Dengan industri mode terhuyung-huyung akibat virus corona, penurunan kekayaan bersih Arnault begitu drastis di antara miliuner dunia lainnya selama seminggu sejak Jumat, (24//7/2020) . Sebaliknya, Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, menambah lebih dari $ 3 miliar menjadi $ 181 miliar, karena saham Amazon.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading