Sepatu Bekas Michael Jordan Dilelang, Harganya Buat Deg-degan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 July 2020 11:29
Nike Air Jordan (Dok. NIke)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 11 pasang sepatu bekas legenda NBA Michael Jordan akan dilelang di rumah lelang Christie mulai Kamis (30/7/2020). Ini termasuk Air Jordan 1 High yang dikenakan megastar NBA itu tahun 1985.

Air Jordan 1 High jadi fenomenal karena dikenakan sang legenda dalam sebuah pertandingan eksibisi di Italia. Namun saat itu smashed yang dilakukan Jordan begitu keras sehingga menghancurkan papan kaca, bahkan pecahannya masih menempel di sol sepatu sebelah kiri.



"Itu adalah momen ikonik dalam sejarah olahraga," kata Caitlin Donovan, Kepala Penjualan Tas Tangan dan Sepatu Kets di Christie. Ia berharap sepatu ini akan laku dengan harga yang pantas.

Nike Air Jordan (Dok. NIke)Foto: Nike Air Jordan (Dok. NIke)
Nike Air Jordan (Dok. NIke)


Sepatu berwarna merah, putih dan hitam yang juga ditandatangani Jordan diperkirakan akan laku dilelang dengan harga antara $ 650.000 (Rp 9,5 miliar) hingga $ 850.000 (Rp 12 miliar). Jika ini terjadi hal tersebut adalah rekor harga termahal.

Sepasang sepatu lain juga ditawarkan dalam lelang, yang berlangsung hingga 13 Agustus itu. Sepatu itu adalah Nike Air Ship yang dikenakan Jordan pada awal kiprahnya bersama Chicago Bulls pada 1984.

Sepatu itu diperkirakan laku hingga $550 ribu (Rp 8 miliar). Sementara sepatu lainnya yang dikenakan Jordan dalam pertandingan medali emas melawan Kroasia di Olimpiade Barcelona 1992 pun akan dilelang antara $ 50.000 (Rp 732 juta) hingga $ 70.000 (Rp 1 miliar).

Bukan hanya itu, sepasang cleat (materi tambahan pada sol sepatu) yang dikenakan Jordan saat ke Minor League Baseball di 1994 juga dilelang. Diperkirakan penawaran bisa mencapai $ 9.000 (Rp 131 juta).

Untuk total, Christie mengharapkan penjualan dapat meraup total hingga US$ 2 juta. Menurutnya ini sepadan dengan nilai pasar sang superstar bola basket itu sejak rilis "The Last Dance" yang menceritakan kisah Jordan dan Chicago Bulls.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading