Wow! Ada Serum Anti Corona dari Antibodi Kuda

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 July 2020 08:11
Loreto Garcia, patient of emotional therapist Fernando Noailles, embraces a horse in Guadalix de la Sierra, outside Madrid, Spain, December 4, 2017. Noailles uses his animals to help people suffering from stress and anxiety. REUTERS/Juan Medina  SEARCH

Jakarta, CNBC Indonesia - Argentina tengah memulai uji klinis hiperimun yang dikembangkan dari antibodi kuda. Menurut otoritas laboratorium yang terlibat, hal ini dilakukan untuk menemukan pengobatan Covid-19, Rabu (29/7/2020).


Serum dibuat perusahaan bioteknologi Inmunova. Ini didapat melalui disuntikannya protein SARS-CoV-2 ke kuda yang menyebabkan didapatkannya antibodi penawar dalam jumlah besar.




Dari situ, ada plasma yang kemudian diekstraksi dari kuda. Lalu dimurnikan dan diproses.

Ditulis CNA, uji laboratorium mengarah ke hasil positif. Namun uji klinis masih berlanjut dengan mempelajari efektivitas serum pada 242 orang pasien Covid-19 dengan kondisi sedang hingga parah.

"Jika kita dapat menurunkan replikasi virus pada hari-hari pertama (penyakit menyerang pasien) , kita tidak hanya akan menurunkan muatan penyakit dan rujukan pasien tetapi bisa melakukan penetralan yang memungkinkan pasien untuk mengembangkan kekebalan mereka sendiri," kata Direktur Ilmiah Inmunova Fernando Goldbaum.

Dalam sebuah panggilan video, Goldbaum mengatakan uji coba telah dimulai pada hari Senin. Hasil pertama diharapkan terlihat Oktober dan November.

Sebelumnya, Argentina mengumukan hampir 175.000 kasus Covid-19 terkonfirmasi. Pemerintah mencatat ada 3.200 kematian.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading