Bintang Gone With the Wind Olivia de Havilland Tutup Usia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 July 2020 15:09
FILE - In this file photo dated Wednesday, Sept. 15, 2004, Actress Olivia de Havilland, who played the doomed Southern belle Melanie in

Jakarta, CNBC Indonesia - Ikon Hollywood Olivia de Havilland meninggal dunia pada usia 104 tahun, Minggu (26/7). Bintang Gone With the Wind ini meninggal di rumahnya di Paris, di mana dia telah menetap selama lebih dari 60 tahun, seperti dikutip dari New York Post.

Aktris peraih dua Academy Award itu dianggap sebagai aktris terakhir yang masih hidup di masa gemerlap Hollywood. Dia berperan sebagai Melanie di film Gone With the Wind pada 1939.

"Kami di TCM sedih mendengar ikon film yang dicintai itu dan salah satu bintang terakhir yang tersisa dari Zaman Keemasan Hollywood, Olivia de Havilland telah meninggal dunia," kata Turner Classic Movies dalam sebuah tweet.


Havilland juga berada di belakang kemenangan hukum yang sangat penting pada tahun 1944 yang mengubah sistem studio Hollywood dan bisnis pembuatan film.

Dia berhasil menggugat Warner Bros untuk menghentikannya dari mengikatnya ke studio setelah dia menolak untuk menerima peran yang ditawarkan kepadanya. Pembebasan secara tidak resmi dikenal sebagai De Havilland Law.

Havilland telah berusia 104 pada bulan Juli lalu dan merupakan bintang yang paling lama bertahan dari Gone With the Wind. Ini sebuah ironi yang membuatnya senang mengingat bahwa karakternya, Melanie Wilkes, adalah satu-satunya yang mati dalam film itu.

Dia mulai berakting setelah sutradara Max Reinhardt melihatnya di produksi pentas California A Midsummer Night's Dream lalu mengajaknya bermain dalam versi layar lebarnya pada 1935. Warner Bros saat itu terkesan dan menawarkan kontrak selama tujuh tahun kepada remaja itu.

Warners mengizinkan De Havilland untuk membintangi Gone With the Wind pada 1939 dan kepribadiannya yang lembut tapi penuh tekad membantu membuat peran Melanie salah satu yang menarik di film tersebut. Peran itu membuat De Havilland mendapatkan nominasi Oscar pertama.

Film Gone With the Wind juga dibintangi oleh Clark Gable dan Vivien Leigh, memenangi delapan Academy Awards, termasuk film terbaik di zamannya.

"Itu melakukan sesuatu yang ingin saya lakukan, memainkan karakter yang saya sukai dan cintai," kata Havilland.

Dia memenangkan dua Oscar - untuk 1946 "To Each Own Your," dan tiga tahun kemudian untuk "The Heiress." Dia juga menerima Medali Seni Nasional pada 2008 dan dianugerahi Legiun Kehormatan Prancis dua tahun kemudian.

Havilland yang menjadi warga Amerika setelah proses naturalisasi. Dia lahir dari orangtua asal Inggris di Jepang, dan dia tinggal di Paris sejak 1953. Keluarga De Havilland pindah ke California saat dia masih belia.

Setelah kariernya yang panjang dan inovatif, De Havilland akhirnya meninggalkan Hollywood dan pindah ke Paris pada awal 1950-an. Dia membuat beberapa penampilan lagi, termasuk sebagai Ibu Ratu di film TV Charles and Diana.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading