Internasional

Trump Bikin Geger! Pamer Foto Pakai Masker, Sebut Patriot AS

Lifestyle - Rehia Sebayang & Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 July 2020 12:52
President Donald Trump wears a face mask as he walks down a hallway during a visit to Walter Reed National Military Medical Center in Bethesda, Md., Saturday, July 11, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membuat geger. Ia yang dikenal enggan menggunakan masker di tempat umum, kali ini justru menganjurkannya.

Melalui Twitternya ia memosting foto dirinya menggenakan masker. Bahkan menyebut, adalah hal yang patriotik jika menggunakan masker di wajah.





"Kita bersatu dalam upaya untuk mengalahkan virus China yang tak terlihat. Banyak orang mengatakan bahwa menggunakan masker itu patriotik jika Anda tidak bisa menjaga jarak sosial," kata Trump dikutip dari Twitter @realdonaldtrump.

"Tidak ada yang lebih patriotik dari saya, Presiden kesayanganmu."

Dikutip dari CNA, Trump sepertinya berusaha meredam kemarahan publik atas penanganan buruk pandemi di AS. Negeri Paman Sam kini menjadi negara dengan kasus Covid terbanyak hingga 3,9 juta orang. 


Sejak virus itu pertama kali melanda AS, Trump bersikeras bahwa virus itu akan menghilang sendiri. Tapi kenyataannya kasus semakin melonjak di negara-negara bagian seperti Florida dan Texas.

Sebelumnya, Trump memang terlihat menggunakan masker sejak 11 Juli. Ia terlihat memakai masker gelap di Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed saat mengunjungi tentara dan pekerja kesehatan di sana.

Sesaat sebelum kunjungannya, Trump sempat memberikan pernyataan ke wartawan. Menurutnya memakai masker jadi hal baik apalagi saat Anda menemui seseorang yang sakit.

"Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit- terutama dalam pengaturan khusus ketika Anda berbicara dengan banyak tentara- orang-orang yang dalam beberapa kasus baru saja turun dari meja operasi, saya pikir jadi hal hebat untuk memakai masker," ujar Trump.

Para pejabat tinggi kesehatan masyarakat mendesak penggunaan masker untuk memperlambat penyebaran virus. Para kritikus sempat mencap kurangnya kepemimpinan Trump karena banyaknya penolakan menggunakan masker.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading