Internasional

Pesan Jujur WHO: Tak Ada Lagi 'Old Normal'

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
15 July 2020 06:25
WHO: Covid-19 Masih Merajalela

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan pernyataan lagi soal pandemi corona (Covid-19). Kali ini, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berujar tak ada lagi hidup normal seperti dahulu, yang bisa didapatkan manusia di masa datang.

"Tidak akan ada kembali ke 'old normal' untuk masa yang akan datang," tegasnya sebagaimana dikutip dari CNN International Rabu (15/7/2020).



Meski begitu, ia berujar tetap ada jalan di mana manusia dapat mengendalikan penyakit ini dan melanjutkan hidup. Kontrol yang memadai terhadap virus, menjadi kunci.

Ia berujar setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan. Yakni fokus pada pengurangan penularan dan kematian, lalu peran pemimpin dan komunikasi pemerintah yang kuat.




"Itu bisa dilakukan. Harus dilakukan," katanya lagi.

Saat ini ada 13,4 juta warga dunia telah terinfeksi corona. Angka kematian mencapai setengah juta jiwa dan angka kesembuhan 7,8 juta orang.

AS masih menjadi negara dengan kasus tertinggi yakni 3,5 juta, disusul Brasil (1,9 juta) dan India (937 ribu). Untuk menghindari terinfeksi, masyarakat diminta menjaga jarak, sering mencuci tangan dan menggunakan masker.

Covid-19 pertama kali muncul di China di akhir 2019. Sejumlah negara kini menghadapi gelombang kedua Covid-19 setelah pelonggaran pembatasan sosial dilakukan, seperti Korsel, Jepang dan Australia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading