Internasional

Heboh! Pria Ini Jadi Miliuner karena Jual Batu Rp 48 M

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 June 2020 11:08
This Feb. 9, 2015 photo shows a salesman at the New Era Gems holding a tanzanite mineral found in Tanzania displayed during the Arizona Mineral and Fossil Show in Tucson, Ariz. (AP Photo/Astrid Galvn)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seorang pria bernama Saniniu Laizer mendadak menjadi miliuner dalam semalam dengan menjual dua batu permata biru, Tanzanite, yang langka ditemukan di negara itu. Penambang asal Tanzania menjualnya $ 3,4 juta (Rp 48 miliar) menurut beberapa laporan media.

BBC melaporkan, batu-batu tersebut memiliki berat 9,2 kg (20,3 lbs) dan 5,8kg. Laizer menambangnya pekan lalu tetapi menjualnya pada hari Rabu di sebuah acara perdagangan di wilayah Manyara.



Laizer sendiri diketahui adalah ayah dari lebih dari 30 anak dan ia berencana menggunakan uang itu untuk membangun pusat perbelanjaan dan sekolah di komunitasnya di Simanjiro, sebuah distrik di Manyara.

"Saya ingin membangun sekolah ini di dekat rumah saya. Ada banyak orang miskin di sekitar sini yang tidak mampu membawa anak-anak mereka ke sekolah," katanya dikutip Jumat (26/6/2020).

"Saya tidak berpendidikan tetapi saya suka hal-hal berjalan secara profesional. Jadi saya ingin anak-anak saya menjalankan bisnis secara profesional."

Meskipun telah menjadi miliuner, Laizer mengatakan dia akan tetap menjaga ternaknya yang berjumlah 2.000 ekor. Penambang skala kecil itu mengatakan dia akan menyembelih salah satu sapi untuk merayakan peruntungan ini dan juga akan ada pesta besar.

Presiden Tanzania, John Magufuli dikabarkan telah memberi ucapan selamat kepada Laizer melalui sambungan telepon. Dia mengatakan temuan itu memberi manfaat bagi penambang skala kecil dan membuktikan bahwa Tanzania adalah negara kaya.





Saksikan video terkait di bawah ini:

Wow! Ferrari Bikin Sepeda Buat Orang Kaya Rp 271 Juta


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading