Selamat Ulang Tahun ke-59 Presiden Jokowi

Lifestyle - Redaksi, CNBC Indonesia
21 June 2020 07:19
Ultimatum Jokowi: Sikat Pejabat yang Korupsi Dana Covid-19

Jakarta, Indonesia - Hari ini (21/6/2020) jadi hari yang istimewa bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada hari Presiden RI ke-7 ini merayakan hari ulang tahun ke-59.

Jokowi lahir pada 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Miharjo dan Sudjatmi. Sebelum jadi Presiden Indonesia, Jokowi berprofesi sebagai pengusaha mabel. Ia memulai karir di pemerintahan ketika memenangkan pemilihan umum daerah (Pilkada) Solo untuk menjadi Walikota.

Jokowi selanjutnya memimpin Jakarta dengan menjadi Gubernur. Terhitung sejak 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia.


Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman mengatakan Joko Widodo ditempa sebagai rakyat kecil. Nilai kemanusiaan, tepo sliro (toleransi), dan kerja keras adalah nilai-nilai luhur masyarakat Indonesia secara umum yang ditanamkan oleh kedua orangtuanya.

"Perasaan empati dan nilai luhur keindonesiaan menjadi fondasi dasar seorang Joko Widodo. Maka tindakan turun, blusukan, dalam keseharian masyarakat adalah praktik yang muncul dari empati," ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (21/6/2020).

Menurut Fadjroel Rahman, hal ini terlihat ketika sebagai Wali Kota Solo, dari 2005-2012, Joko Widodo menciptakan kebijakan pro rakyat kecil. Pemindahan para pedagang kaki lima karena berdampak pada kemacetan fasilitas umum, dilakukan dengan dialog, humanis, dan nirkekerasan.

Sejak 2014, rakyat memberi amanah kepadanya sebagai Presiden Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo, yang terlahir dari tempaan lingkungan rakyat kecil, tetap menjadikan empati dan nilai luhur keindonesiaan sebagai fondasi kepemimpinan politik nasional. Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo sering berpesan "Demi rakyat kecil" kepada para pejabat pemerintahan.

"Tempaan sebagai rakyat kecil, telah mendorong Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembangunan demi rakyat Indonesia, baik infrastruktur dan sosial ekonomi. Dunia internasional memberi hormat atas keteladanan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang berhasil memeratakan pembangunan nasional," ungkapnya.

"Saat ini musibah global pandemi Covid 19 memukul sendi-sendi kesehatan dan keberlanjutan hidup hampir seluruh negara dunia termasuk Indonesia. Kebijakan penanganan pandemi Covid 19 dari kepemimpinan demokratis Presiden Joko Widodo tetap berorientasi pada usaha menyelamatkan seluruh rakyat Indonesia, dan menegaskan kehadiran pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat."

Saksikan video terkait di bawah ini:

Wow! Ferrari Bikin Sepeda Buat Orang Kaya Rp 271 Juta


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading