Selamat Hari Raya Waisak 2564, Bunga Lotus Warnai Linimasa

Lifestyle - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
07 May 2020 09:09
Ribuan umat budha di Jakarta Barat melaksanakan perayaan Waisak di Wihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat, Selasa (29/5/2018). Suasana berlangsung khidmat.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hari Rabu 7 Mei ini tepat peringatan Hari Raya Waisak 2020 atau 2564 BE (Buddhist Era). Berbagai peringatan keagamaan menjadi sangat berbeda di tahun ini, termasuk Hari Waisak mengingat umat Buddha memperingati momen penting Trisuci Waisak di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut literatur, Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha, biasa dikenal juga dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Hari raya ini untuk memperingati kelahiran Pangeran Siddhartha, penerangan sempurna menjadi Buddha, dan wafatnya Buddha Gautama.

Jika tahun-tahun sebelumnya umat Buddha Indonesia memenuhi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan Waisak, tahun ini semuanya beribadah dari rumah, sebagaimana arahan dari Kementerian Agama.


Meski demikian, nilai-nilai dari perayaan Waisak tidak hilang. Para netizen pun mulai ramai mengucapkan selamat Hari Raya Waisak di berbagai media sosial, salah satunya Twitter, sebagaimana dikutip Detikinet.

Di Twitter, Waisak berada di deretan trending topic.Emoji bunga lotus pun bertebaran mewarnailinimasa media sosial tersebut.











Selain itu, sejumlah rumah ibadah Buddha juga menyampaikan pengumuman adanya perayaan Waisak yang dilakukan secara virtual. Salah satunya akun @vhrbuddhasena yang mengajak umat Buddha beribadah virtual di Instagram mereka @viharabuddhasena.





Selamat Hari Raya Waisak bagi yang memperingatinya.


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading