Dulu Sampai Rp 1,5 Juta, Kini Harga Masker Mulai Rp 3000

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 April 2020 16:05
ilustrasi masker KN95
Jakarta, CNBC Indonesia - Awal mula penyebaran  virus corona di Indonesia membuat permintaan masker kian melonjak. Bahkan, beberapa bulan lalu masker begitu langka dan harga yang dijual dipasaran berkisar Rp 340 ribu hingga Rp 1,5 juta rupiah. 


Namun, masker kini sudah bukan lagi barang langka. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah banyak yang memproduksi masker secara mandiri.

Hal ini juga bisa dilihat dari aksi pedagang online atau e-Commerce yang menawarkan harga masker yang kembali stabil.  Menurut penelusuran CNBC Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee kembali menawarkan masker dengan harga terjangkau.


Di e-Commerce Bukalapak, masker jenis kain dijual dibanderol mulai dari Rp 3000 untuk satuan-nya hingga Rp 19 ribu untuk satu lusin. Masker kain dianggap memiliki fungsi dan efektifitas yang tidak kalah bagus dari masker lainnya untuk menghalau virus corona.



Sedangkan di Bukalapak, salah satu pelapak menjualnya di harga Rp 2000 ribu untuk harga masker kain. Bila ditelusuri secara keseluruhan masker yang dijual tidak lebih dari Rp 10 ribu.





Sementara di Shopee, beberapa penjual membanderol masker kain dari  Rp 1000 untuk satuannya. Sedangkan untuk lusinan dijual Rp 20 ribuan saja.

MaskerFoto: Twitter
Masker


Untuk jenis surgical mask bermerk Sensi, 3 M, dan lainnya harga pun sudah bisa dibilang normal. Dua bulan lalu harga masker yang kini dianjurkan untuk tenaga medis saja bisa sampai Rp 350 ribu Rp 400 ribu per box. Kini bisa turun separuh harga jadi Rp 200 ribu. Bahkan untuk masker 3M sudah di harga normal sekitar Rp 8500 untuk 3 lembar masker.



[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading