Corona Mewabah, Balapan F1 GP Australia Resmi Batal!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 March 2020 10:50
Corona Mewabah, Balapan F1 GP Australia Resmi Batal!

Jakarta, CNBC Indonesia - Grand Prix (GP) Formula Satu (F1) Australia dibatalkan pada hari Jumat (13/3) karena meluasnya virus corona (COVID-19) hanya dalam beberapa jam sebelum sesi latihan pertama dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park.

GP F1 seri Australia ini semestinya digelar 13-15 Maret 2020 di Albert Park

"Pada jam 9 pagi waktu setempat, Australian Grand Prix Corporation (AGPC) disarankan oleh F1 untuk membatalkan semua kegiatan GP F1 Australia," kata AGPC dalam sebuah pernyataan, dikutip Asiaone, Jumat (13/3/2020).

"Sehubungan dengan adanya update informasi soal corona, dan saran dari Kepala Petugas Kesehatan Departemen Layanan Manusia dan Kesehatan Pemerintah Victoria, AGPC mengonfirmasi F1 GP Australia dibatalkan segera."



Sebetulnya tanda-tanda terganggunya balapan mobil paling prestise di dunia ini sudah tampak saat pembukaan musim setelah setelah McLaren mundur pada Kamis malam (12/3) ketika seorang anggota tim mereka dinyatakan positif terpapar virus corona.

Putaran keempat kejuaraan F1 di Shanghai, China, pada April mendatang juga ditunda, sementara penyelenggara GP Prix Bahrain menyatakan balapan tetap berlanjut tapi tanpa penonton pada 22 Maret mendatang.


Kebingungan pun terjadi pada Jumat, karena banyaknya penggemar berbondong-bondong ke trek balap di Albert Park. Ratusan penggemar berkerumun di sekitar gerbang masuk yang tertutup sebelum Perdana Menteri negara bagian Victoria Daniel Andrews mengumumkan bahwa tidak ada yang akan diizinkan masuk bahkan jika balapan tetap berlangsung.

Jelas pembatalan ini ini mendapat tekanan dari tim-tim F1 setelah tim Mercedes meminta panitia membatalkan balapan dan mereka memputuskan meninggalkan sirkuit.

Foto: Reuters/Matthew Childs


Sang juara dunia enam kali, Lewis Hamilton, sempat mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan terkait dengan kebijakan Formula 1 yang sebelumnya tetap ngotot menggelar GP Australia di tengah ancaman virus corona.

Pasalnya, sejumlah aktivitas olahraga yang mengundang banyak orang banyak yang sudah disetop seperti National Basketball Association (NBA) dan liga olahraga besar lainnya di seluruh dunia.


[Gambas:Video CNBC]



(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Terkait
Features
    spinner loading