Ini Kiat Cuan Bisnis Kuliner Ala Presenter Ruben Onsu

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 February 2020 12:48
Ini kiat Ruben Onsu untuk terjun ke bisnis kuliner.
Jakarta, CNBC Indonesia - Merintis dan mengelola usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.


Ini pula yang diakui artis yang kini juga menjadi pengusaha kuliner Ruben Onsu. Sukses menjadi pebisnis, suami dari Sarwendah itu mengatakan bahwa ada beberapa tips yang bisa ditiru para pemula untuk memulai bisnis.



Kepada CNBC Indonesia, Ruben mengatakan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan adalah turun tangan langsung. Hindari mengandalkan orang lain untuk bisnis yang baru dirintis.


"Kalau bisnis itu harus turun tangan langsung. Jangan mengandalkan orang lain. Jangan juga mudah percaya terhadap orang lain," ujar Ruben Onsu saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020).


Dia menuturkan bahwa cobalah untuk memulai dan melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi untuk masyarakat urban. Buatlah inovasi bisnis di dalamnya dan membiasakan diri lebih terorganisir.

Jangan menanti modal besar untuk memulai bisnis karena itu akan membuat bisnis Anda tidak berjalan. Selanjutnya, biasakan diri untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif dan fokus.


"Apa yang bisa dikerjakan, kerjakan sendiri. Jangan menanti modal besar jika ada modal yang sekarang maka mulailah. Jangan menanti besok saat ini juga bisa dan fokus," papar dia.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading