Brexit Menggantung Megxit Nyata, Harry Kini Pindah ke Kanada

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 January 2020 12:17
Harry dan Meghan kini hidup di Kanada dan meninggalkan Inggris, Megxit lebih nyata ketimbang Brexit
Jakarta, CNBC Indonesia- Negeri Inggris tengah diterpa dua isu terpanas, yakni rencana hengkangnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit dan mundurnya Meghan Markle serta Harry dari keluarga kerajaan yang kini tenar disebut Megxit.

Sementara Brexit masih digantung dan tak kunjung tuntas, dalam dua pekan ini justru yang lebih nyata adalah soal mundurnya Meghan Markle dan Harry sebagai bangsawan kerajaan Inggris.

Mengutip Business Insider, Pangeran Harry akhirnya telah tiba di Kanada pada Senin malam (20/1). Dia kembali ke istrinya Meghan Markle dan putra nya Archie setelah dua minggu bernegosiasi dengan keluarga kerajaan untuk bebas tugas.


Saat Harry sedang sibuk mengurus pengunduran dirinya, Meghan dan putranya sudah lebih dulu berada di Kanada.



[Gambas:Video CNBC]



Menurut Majalah People, Pangeran Harry mendarat di Bandara Internasional Vancouver pada Senin malam dari Bandara Heathrow London sekitar pukul 10 malam waktu setempat. Dia menggunakan penerbangan komersial British Airways, menurut outlet itu.

Duke of Sussex mendarat di Kanada setelah menghabiskan hari Senin di KTT Investasi Inggris-Afrika di London di mana ia berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Pada hari Minggu lalu, Harry menyampaikan pidato emosional tentang keputusannya untuk mengundurkan diri dari tugas-tugas kerajaannya dalam sambutan publik pertamanya tentang masalah ini, dengan mengatakan bahwa benar-benar tidak ada pilihan lain untuk dia dan istrinya Meghan Markle.

Brexit Menggantung Megxit Nyata, Harry Kini Pindah ke KanadaFoto: Pangeran Harry dan Meghan Markle (Dominic Lipinski/Pool via AP)


"Ini membuat saya sangat sedih bahwa ini terjadi," katanya.

Dia mengatakan bahwa keputusan untuk mundur datang setelah berbulan-bulan pembicaraan dan banyaknya tantangan."Dan aku tahu aku tidak selalu melakukannya dengan benar, tetapi sejauh ini, benar-benar tidak ada pilihan lain," papar dia.



Pada hari Sabtu, Istana Buckingham mengumumkan bahwa Harry dan Meghan akan mundur sepenuhnya dari keluarga kerajaan mulai musim semi 2020. Menurut pernyataan itu, keduanya akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, tetapi tidak akan lagi menerima dana publik dan akan bekerja untuk membayar kembali Sovereign Grant untuk renovasi Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah di Inggris mereka.

Harry dan Meghan juga tidak akan lagi menggunakan gelar mereka. Sementara itu, Istana Buckingham menolak mengomentari perincian pengaturan keamanan mereka.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading