Harry & Meghan Mau Pindah ke Kanada, Justin Trudeau Kerepotan

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
15 January 2020 15:25
Harry & Meghan Mau Pindah ke Kanada, Justin Trudeau Kerepotan Foto: Kelahiran bayi laki-laki Pangeran Inggris Harry dan Meghan, Duchess of Sussex di London, Inggris. (Dominic Lipinski/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNBC Indonesia- Duke dan Duchess of Sussex yakni Harry dan Meghan boleh jadi telah kantongi restu Ratu Inggris buat pindah ke Kanada. Tapi, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menekankan tak semudah itu buat pasangan tersebut hijrah ke negaranya.

Berbicara kepada jaringan televisi Kanada, Global News pada hari Senin, Justin Trudeau mengatakan masih banyak hal rinci yang perlu didiskusikan antara Inggris dan Kanada untukrencana pindahnya Harry, termasuk biaya keamanan.


Harry & Meghan Mau Pindah ke Kanada, Justin Trudeau KerepotanFoto: PM Kanada Justin Trudeau  (CBC via REUTERS)



"Masih banyak keputusan yang harus diambil oleh Keluarga Kerajaan, oleh Sussex sendiri untuk tingkat keterlibatan yang mereka pilih. Kami jelas mendukung mereka tetapi kami juga punya tanggung jawab tersendiri," kata Trudeau.

Trudeau mengatakan belum tahu hasil akhir yang akan diketuk oleh pemerintah Kanada. Menurutnya sampai sekarang juga belum ada ajakan diskusi dan konsultasi soal rencana kepindahan pasangan bangsawan tersebut, dan perlu ada pembahasan soal biaya-biaya yang akan ditanggung.


"Saya pikir sebagian besar warga Kanada sangat mendukung memiliki bangsawan berada di sini, tetapi bagaimana masuknya dan berapa biaya yang diperlukan, masih banyak diskusi yang harus dilakukan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

Pertikaian kerajaan
Komentar Trudeau muncul setelah pertikaian kerajaan Senin sore dengan para bangsawan senior berkumpul di Norfolk, Sandringham, untuk membahas pengumuman mengejutkan Meghan dan Harry yang ingin mundur jadi anggota kerajaan.

Pasangan itu ingin bekerja dan menjadi mandiri secara finansial serta membagi waktu mereka antara di Inggris dan Kanada.

Harry melakukan pembicaraan tatap muka dengan ratu, Pangeran Charles dan Pangeran William. Sementara, Meghan dilaporkan bergabung melalui telepon dari Kanada.



Sang ratu, yang dilaporkan tidak diajak berkonsultasi sebelum pengumuman itu disebut-sebut kecewa atas keputusan mereka, mengeluarkan pernyataan di mana dia mengatakan masa transisi telah disepakati dengan Harry dan Meghan.

"Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi Anggota Keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," kata ratu.

Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka. Oleh karena itu telah disepakati bahwa akan ada periode transisi di mana Meghan dan Harry akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris.

Rincian tentang bagaimana pasangan akan mencapai otonomi keuangan dan siapa yang akan membayar tagihan untuk pengawal keamanan mereka masih belum jelas. Ratu mengakhiri pernyataannya dengan mencatat bahwa ada masalah rumit bagi keluarga kerajaan untuk diselesaikan, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi dia telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading