Bertarif Rp 70 Jutaan, Ini Fasilitas Daycare Mewah di Jakarta

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
12 January 2020 15:10
Bertarif Rp 70 Jutaan, Ini Fasilitas Daycare Mewah di Jakarta Foto: High Reach Daycare di bilangan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)
Jakarta, CNBC Indonesia- Bisnis jasa penitipan anak atau daycare kian menjamur di ibukota, terutama di wilayah-wilayah pusat perkantoran di Jakarta seperti kawasan Sudirman, Kuningan, dan lainnya.

CNBC Indonesia menyambangi 3 daycare yang berlokasi di segitiga emas tersebut, yakni; Tiny Toes Children Daycare, High Reach Daycare, dan Happy Tree House.

Masing-masing daycare tersebut memiliki biaya yang beragam, mulai dari Rp 4 juta sebulan sampai Rp 6 juta sebulah. Itu belum termasuk biaya pendaftaran dan uang pangka, serta tambahan biaya lainnya. Hitungan CNBC Indonesia, dalam setahun orang tua setidaknya perlu siapkan dana hingga Rp 70 juta sebulan untuk menitipkan anaknya. Biaya ini setara dengan biaya sekolah standar internasional di Jakarta.


Memang mahal, toh ini tak lepas dari peran daycare yang menggantikan peran orang tua saat bekerja.




[Gambas:Video CNBC]





Lantas, dengan merogoh puluhan juta setahun, fasilitas apa yang akan didapati sang anak?

Untuk fasilitas sendiri, Happy Tree House Daycare misalnya menyiapkan berbagai hal yang akan membuat nyaman anak-anak yang dititipkan di sini.

"Anak-anak mendapatkan kunjungan dokter per 3 bulan sekali, kunjungan psikolog 1 tahun sekali, dan setiap 2 bulan akan ada field trip (karyawisata) ke luar, seperti ke Kidzania atau kebun binatang," papar Koordinator Caregiver Happy Tree House Daycare, Ripka Tresna Sundari (24).

Selain itu, kata Ripka, mereka juga akan mengukur berat badan dan tinggi anak setiap hari jumat per minggu. Hal ini dilakukan untuk melihat tumbuh kembang mereka selama dititipkan di sini.

Bertarif Rp 70 Jutaan, Ini Fasilitas Daycare Mewah di JakartaFoto: Suasana daycare Happy Tree House di Kuningan, Karet, Setiabudi, Rabu (9/1/2020). (CNBC Indonesia/ Wanti Puspa)


Tidak ketinggalan ada sesi gym bayi dan berenang dengan kolam plastik di halaman belakang daycare tersebut, serta ruang isolasi untuk anak yang sedang sakit atau demam dengan tinggi 37,5 celcius.

"Kita juga menyediakan konsumsi yang dimasak sendiri. Sehari mereka dapat makan 3 kali dan snack 1 kali. Yang masak juga sudah mendapatkan pelatihan dari dokter gizi," tambahnya.

Ada pula laporan harian dan bulanan anak untuk orang tua, ruang kelas dan kamar tidur, area bermain dalam dan luar ruangan, kamar mandi dan toilet ramah anak, peralatan menyusui, dan juga pemantauan online 16 buah CCTV untuk orang tua lewat aplikasi Stealth CCTV.

"Namun untuk pakaian, alat mandi, obat, popok, susu, dan alat minum susu merupakan barang pribadi anak yang dibawa dari rumah," lanjutnya.

Selain penitipan anak, ada juga program lain seperti After School Program, yakni anak yang dititipkan di sini selepas pulang sekolah. Daycare juga menyediakan layanan menjemput anak dari sekolah ke penitipan, namun layanan ini hanya bisa dilakukan di daerah Kuningan.

Sementara di TinyToes Childcare Centre memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Contohnya seperti ruang terpisah untuk setiap kelompok umur (bayi, balita, dan anak prasekolah); area umum untuk bermain gratis; tempat membaca dan makan, mainan edukatif, buku dan materi kegiatan; kamar bayi yang memiliki penyimpanan ASI dan sterilisasi peralatan makan; kamar mandi anak pribadi dengan bilik toilet, serta area shower dan wastafel yang luas.

Bertarif Rp 70 Jutaan, Ini Fasilitas Daycare Mewah di JakartaFoto: Tinytoes, Daycare (CNBC Indonesia/Fitriah Said)


Ada pula dapur khusus untuk menyiapkan makanan anak-anak; ruang untuk ibu menyusui; ruang isolasi untuk menampung anak-anak yang tidak sehat sebelum dijemput oleh orang tua; tempat penyimpanan barang pribadi anak; dan ruang kelas terpisah di mana anak-anak dapat fokus pada kegiatan akademik mereka.

"Untuk makan 3 kali dan 2 kali snack sehari. Makanan-makanan itu juga kita pikirkan variasinya. Cara pemasakan, dan gizi untuk anak-anak. Itu juga penting. Jadi menurut saya, kalau di rumah itu agak sedikit susah untuk kita memvariasikan makanan dengan keterbatasan kemampuan nanny di rumah," jelas Merry Huseng, salah satu pendiri Tiny Toes Childcare Centre.

Ada juga fasilitas CCTV (atas permintaan); pintu akses pengenalan sidik jari; pijat bayi; lampu ultraviolet untuk mensterilkan ruangan; kegiatan luar ruangan setiap pagi termasuk berjemur; latihan fisik untuk stimulasi motorik; stimulasi kognitif lainnya melalui bermain, mendongeng, dan musik.

Ada pula jurnal harian, buku komunikasi harian yang dapat disajikan dua arah antara daycare dan orang tua; buletin bulanan untuk memberikan gambaran tentang tema bulan depan kami dan kegiatan bulan sebelumnya bulan.

Untuk orang tua, ada laporan Triwulan dan konferensi orangtua-guru untuk setiap anak; serta lokakarya, sesi Berbagi, dan seminar untuk para orang tua dilakukan setidaknya sekali setahun; serta juga keterlibatan orang tua di kelas.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading