Internasional

Israel Buka Yerusalem untuk Perayaan Natal Warga Gaza

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 December 2019 09:05
Israel izinkan warga Gaza kunjungi kota-kota suci di Hari Natal
Jakarta, CNBC Indonesia - Pihak berwenang Israel mengumumkan bahwa Umat Kristen di Jalur Gaza akan diizinkan untuk mengunjungi kota-kota suci seperti Betlehem danĀ Yerusalem pada hari Natal.

Sebelumnya hal ini tidak diizinkan karena Israel dengan ketat membatasi pergerakan keluar dari Jalur Gaza. Larangan diberlakukan karena wilayah ini dikuasai oleh Hamas, yang mereka anggap sebagai organisasi teroris.


"Izin masuk untuk Yerusalem dan untuk Tepi Barat akan dikeluarkan sesuai dengan penilaian keamanan dan tanpa memandang usia." tulis kantor penghubung, COGAT, dalam Twitternya, awal pekan kemarin.


Namun begitu, orang-orang Kristen Gaza tidak ada yang akan diizinkan untuk pergi ke Israel atau Tepi Barat yang diduduki. Mereka hanya akan diizinkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Mengutip laporan Arab News, Gaza hanya memiliki sekitar 1.000 orang Kristen dari 2 jutaan populasinya. Sebagian besarnya adalah Ortodoks Yunani.

Tahun lalu, Israel memberikan izin bagi hampir 700 orang Kristen Gaza untuk melakukan perjalanan ke Yerusalem, Betlehem, Nazareth dan kota-kota suci lainnya yang menarik ribuan peziarah setiap musim liburan.

[Gambas:Video CNBC]


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading