42 Tahun 11 Film, Begini Urutan Nonton Saga Star Wars

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 December 2019 11:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Saga yang hadir selama 42 tahun ini akhirnya ditutup dengan film terakhir Star Wars:The Rise of Skywalker yang tayang serentak di dunia kemarin (18/12/2019).

Bagi kamu yang baru ingin mengikuti kisah ini, CNBC Indonesia merangkum cara menonton setiap film Star Wars dalam urutan kronologis yang dilansir dari Cnet.

Sebagai informasi, hampir setiap film Star Wars disiarkan di Disney Plus, kecuali untuk The Last Jedi (hingga 25 Desember) dan Solo: A Star Wars Story yang tersedia di Netflix saat ini. Selain itu, Star Wars saga juga dapat dibeli atau di rental lewat Google Play, iTunes, dan YouTube.



Episode I: The Phantom Menace (1999)
Kisah ini berlangsung 32 tahun sebelum Pertempuran Yavin (Battle of Yavin - BBY) dan memulai kisah Skywalker Saga, dengan penemuan Anakin Skywalker yang berusia 9 tahun di Tatooine. Jedi Master Qui-Gon Jinn menemukan Anakin ternyata memiliki 'Force', yakni medan energi yang menghubungkan semua kehidupan di alam semesta yang luar biasa.

Jedi Master Qui-Gon Jinn mencurigai Anakin adalah orang yang Terpilih, ditakdirkan untuk membawa keseimbangan kepada 'Force'. Sementara itu, seorang Dewa Sith bersekutu dengan sisi gelap Force, Darth Sidious bekerja secara rahasia untuk menghancurkan Jedi dan memanipulasi sistem politik Republik Galactic.





Episode II: Attack of the Clones (2002)

Pada film ini, maju 10 tahun menjadi 22 BBY. Pada titik ini, Anakin adalah murid Jedi Obi-Wan Kenobi dan remaja yang murung. Meskipun itu melanggar aturan Ordo Jedi, dia juga jatuh cinta pada Padmé Amidala.


Sementara itu, pemberontak Jedi Count Dooku meyakinkan sistem bintang untuk meninggalkan Republik dan bergabung dengan Konfederasi Sistem Independennya. Dooku diam-diam merupakan murid Sith dari Darth Sidious, yang bekerja di dalam Republik dan menciptakan kekacauan politik.



Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Film ini berlatar akhir 19 BBY. Clone Wars dan Darth Sidious mengambil langkah terakhir dalam rencananya untuk mengambil alih galaksi - Republik menjadi Kekaisaran Galactic ketika Sidious menyatakan dirinya sebagai Kaisar.


Anakin yang tadinya baik, malah beralih ke sisi gelap dan menjadi murid salah satu Sidious, Darth Vader, yang berpasangan untuk menghapus Ordo Jedi. Tanpa sepengetahuan Sith Lords, Padmé melahirkan anak kembar Anakin, Leia dan Luke.


42 Tahun 11 Film, Begini Cara Nikmati & Nonton Saga Star WarsFoto: starwars.com


Solo: A Star Wars Story (2018)
Petualangan film antologi mandiri ini berlangsung sekitar 13-10 BBY dan mengungkap hari-hari awal pilot roguish ace, Han Solo sebelum ia bertemu dengan Skywalker. Bukan bagian dari Skywalker Saga, namun penonton yang masih penasaran dengan sisi lain Star Wars saga, bisa menyaksikan film ini via Netflix.

Rogue One: A Star Wars Story (2016)
Selain Solo, film Rogue One juga merupakan film antologi mandiri lainnya. Film ini berlatar belakang 0 BBY yang menunjukkan kemenangan besar pertama Aliansi Pemberontak melawan Kekaisaran ketika sebuah tim memegang rencana super-weaponnya, Death Star.


Selain itu, film Rogue One juga merupakan prolog untuk film Episode IV: A New Hope.


Mulai 1977 Sampai 2019, Trilogi Terakhir
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading