Mejeng di Google Doodle, Ini Cara ke Taman Nasional Lorentz

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
04 December 2019 14:03
Mejeng di Google Doodle, Ini Cara ke Taman Nasional Lorentz Foto: Taman nasional lorentz (Indonesia-Tourism.com)
Jakarta, CNBC Indonesia - Guna merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz yang berada di provinsi Papua, Google Doodle memajang gambar yang merepresentasikan taman tersebut. Gambar yang dibuat oleh seniman Alyssa Winans tersebut menarik banyak perhatian warganet.

Menjadi kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara, suaka alam yang masif ini membentang lebih dari 9.600 mil persegi (sekitar 24.864 kilometer persegi), tepat di persimpangan dua lempeng benua yang bertabrakan.

Mejeng di Google Doodle, Ini Cara ke Taman Nasional LorentzFoto: Taman Nasional Lorentz, Papua (Ist/tamannasionallorentz.menlhk.go.id)



Lalu bagaimana cara menuju ke taman terbesar di Asia Tenggara tersebut?

Dilansir dari Indonesia Travel Guide, pelancong bisa menuju Taman Nasional Lorentz dengan menggunakan pesawat atau kapal.

Cara terbaik untuk mencapai Taman Nasional Lorentz adalah dengan terbang ke bandara di Wamena, Biak, Jayapura atau Timika dan kemudian menuju ke taman.

Wamena adalah pilihan terbaik karena pelancong mungkin mendapatkan izin untuk masuk lewat Kantor Konservasi Kehutanan. Izin bisa didapatkan dengan mendaftar sendiri atau dengan agen perjalanan lokal).




Pelancong dapat terbang ke Wamena melalui Jayapura dengan maskapai penerbangan Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. CNBC Indonesia melihat harga penerbangan dari Jakarta menuju Wamena berada di harga Rp Rp 3.900.800 untuk sekali penerbangan dengan transit 1 kali di Jayapura.

Pelancong juga bisa menuju ke taman nasional dengan perahu atau kapal dengan menaiki kapal Pelni ke Timika, Agats, Fak fak atau Merauke. Tapi metode perjalan ini kurang direkomendasikan karena jangka waktunya yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan pesawat.

Sesampainya di sana, pelancong bisa menginap di hotel atau hostel di beberapa kota di dekat Taman Nasional Lorentz, seperti kota Timika, Wamena, Fak-Fak, atau Merauke.


Selain itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Lorentz adalah antara bulan Agustus hingga Desember. Di sana pelancong bisa mengamati burung di Danau Habbema di dataran tinggi Habema Valley atau mengunjungi desa-desa Asmat, di mana pelancong dapat bertemu dengan suku asli Agats yang terkenal dengan ukiran kayu mereka.

Pelancong juga bisa melakukan pendakian di Piramida Carstensz (Puncak Jaya), salah satu dari tujuh puncak utama dunia. Pendakian akan dimulai dari basecamp di Tembagapura Freeport. Namun biasanya yang melakukan pendakian adalah pendaki handal, sebab gunung tersebut agak sulit dinaiki oleh pendaki pemula.





Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Lembah Baliem dan temukan budaya khas seperti mumi dan perdagangan, dan fesyen pakaian tradisional penis labu yang unik bagi orang-orang suku Dani.



[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading