Transformasi Agnez Mo: Penyanyi Cilik, kini Go International

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
01 December 2019 17:44
Transformasi Agnez Mo: Penyanyi Cilik, kini Go International Foto: Agnez Monica (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu yang lalu, penyanyi Agnes Monica Muljoto atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo membuat gempar media sosial karena mengaku bukan keturunan darah Indonesia.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh perempuan kelahiran 1 Juli 1986 dalam wawancara bersama presenter Kevan Kenney dalam video YouTube Build Series NYC by Yahoo!.

Tentu mendengar hal itu, banyak warganet yang langsung mencaci-maki dan kecewa dengan Agnez Mo. Namun tidak sedikit juga warganet dan penggemar yang memberikan dukungan kepada perempuan berusia 33 tahun tersebut.


Agnez merupakan penyanyi dan entertainer yang memulai kariernya di industri hiburan pada tahun 1992, saat usianya menginjak 6 tahun. Sebagai seorang penyanyi cilik, Agnez telah merilis tiga album anak-anak, yaitu 'Si Meong', 'Yess!', dan 'Bala-Bala' yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer di era 1990-an.

Karier Agnez Mo, dari Penyanyi Cilik kini Go InternationalFoto: Agnez Mo (Instagram/@agnation_Semarang)


Beranjak remaja, selain menjadi penyanyi ia juga menjadi presenter di beberapa acara televisi anak-anak. Salah satunya adalah Video Anak Anteve (VAN) di Anteve, Tralala-Trilili di RCTI, dan Diva Romeo di Trans TV. Bahkan Agnez sempat dianugerahi 'Program Penyaji Anak Terfavorit' di Panasonic Awards pada 1999 dan 2000 untuk Tralala-Trilili.

Sudah bisa menyanyi dan menjadi pembawa acara, Agnez mulai terjun ke dunia seni peran saat usia 13 tahun. Penampilannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil melambungkan namanya. Agnez kemudian membintangi sederet sinetron yang menjadikannya artis remaja dengan bayaran termahal saat itu.

Karier Agnez Mo, dari Penyanyi Cilik kini Go InternationalFoto: Agnez Mo (Ist via Detik Hot)


Penampilannya dalam sinetron Pernikahan Dini diterima dengan baik oleh penonton, sehingga ia menerima penghargaan Aktris Favorit di Panasonic Awards 2001 dan 2002 serta penghargaan Aktris Terkenal di SCTV Awards 2002.

Selain Pernikahan Dini, Agnez juga bermain dalam beberapa sinetron, seperti Lupus Millenia dan Mr. Hologram pada 1999. Pada tahun 2002, Agnez membintangi tiga sinetron, yaitu Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda.

Pada tahun 2003, Agnez merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes, yang kembali melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Selanjutnya ia juga mengeluarkan album Whaddup A.. '?! (2005), dan Sacredly Agnezious (2009).

Kesuksesannya di Tanah Air mendorong Agnez memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional. Agnez juga terlibat dalam syuting dua serial drama Asia, The Hospital dan Romance In the White House di Taiwan.

Karier Agnez Mo, dari Penyanyi Cilik kini Go InternationalFoto: Agnez Mo (Pool/Noel/detikFoto)


Kariernya di kancah internasional berjalan cukup mulus. Setelah meliris single 'Coke Bottle' featuring Timbaland dan T.I. pada 2014, pada 22 September 2017, Agnez merilis single berjudul 'Long As I Get Paid' dan album internasional debutnya, berjudul X pada 10 Oktober 2017.

Agnez juga memenangkan Mnet Asian Music Awards 2017 di Vietnam sebagai Artis Asia Terbaik Indonesia. Di acara itu, ia menampilkan lagu 'Coke Bottle', 'Long As I Get Paid', dan 'Damn I Love You'.

Tahun selanjutnya, ia bergabung dengan label 300 Entertainment dan merilis single 'Overdosis' yang menampilkan Chris Brown. Single ini kemudian masuk dalam tangga lagu Billboard dan menduduki urutan 36 dalam tangga lagu R&B/Hip-Hop Airplay, 38 di Rhythmic Songs, 24 di Hot R&B Songs, 28 di Mainstream R&B/HipHop, dan ke-30 di Mixshow Airplay.

Tentu Agnez juga terpilih sebagai Artis Minggu Ini di Billboard Vietnam pada 16 November 2018 silam.


Memasuki tahun 2019, Agnez mengerjakan album baru dengan Juicy J. Pada September 2019, Agnez merilis single barunya 'Diamonds' yang menampilkan French Montana. Bulan berikutnya, ia merilis video musik 'Wanna Be Loved'.

Agnez merupakan penyanyi solo yang mengusung jenis musik pop, R&B, dan hip-hop. Dalam beberapa kesempatan, ia mengakui Aretha Franklin, Jill Scott, Angie Stone, Madonna, Michael Jackson, Fantasia, dan Beyoncé adalah sosok yang memiliki pengaruh besar ketika ia bermusik.

Agnes juga sering dibanding-bandingkan dengan artis Amerika lainnya, terutama Britney Spears dan Christina Aguilera. Ia dibandingkan dengan bintang-bintang tersebut karena ia merupakan salah satu artis yang selalu membawa tren baru di kalangan anak muda, khususnya dalam hal penampilan, baik itu pakaian, aksesori, maupun tata rambut.


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading