Dikecam Karena 'Tak Berdarah Indonesia', Agnez Mo Menangis?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
29 November 2019 14:51
Dikecam Karena 'Tak Berdarah Indonesia', Agnez Mo Menangis? Foto: Agnez Monica (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyanyi Agnes Monica atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo membuat pengakuan soal perundungan yang dialaminya di Indonesia.

Dikutip dari wawancara yang dimuat Youtube resmi @Deddy Corbuzier, Agnez bahkan terkesan ingin menangis saat menjawab pertanyaan dari pembawa acara itu.


"Ini hal yang sangat pribadi buat saya," kata Agnez dalam bahasa Inggris bercampur Indonesia. "Ini melukai saya karena ini sangat personal bagi saya."


"Kapanpun aku melakukan interview di sini, saya nggak perlu kasih tahu, tapi saya selalu memilih untuk melakukannya (mengakui diri sebagai Indonesia)," tambahnya.

Namun saat ditanya kembali oleh Deddy apakah ia ingin menangis karena hal ini, Agnez tidak mengakuinya.

"No, but its mmm.. ketika saya ingin melakukan ini di AS, salah satu yang alasan paling penting adalah karena saya ingin membagi budaya saya (Indonesia) ke dunia," katanya lagi.


Sebelumnya, Agnez membuat gempar media sosial karena mengaku bukan keturunan darah Indonesia. Pernyataan tersebut dikatakan oleh perempuan kelahiran 1 Juli 1986 dalam wawancara bersama presenter Kevan Kenney dalam video YouTube Build Series NYC by Yahoo!.

Saat ditanya mengenai keberagaman di Indonesia, Agnez menjawab Indonesia memiliki 18 ribu pulau yang masing-masing memiliki kultur yang berbeda.

"Katanya kamu beda dari orang kebanyakan di sana?" tanya presenter kembali.

"Ya, karena saya sebenarnya tidak punya darah indonesia sama sekali. Saya sebenarnya campuran Jerman, Jepang, dan Chinese. Saya hanya lahir di Indonesia," jawab Agnez.

"Saya juga beragama Kristen, dan di Indonesia mayoritas adalah Muslim. Saya tidak bilang saya tidak berasal dari sana, karena saya merasa diterima. Tetapi saya merasa tidak seperti yang lain," lanjutnya.

Sontak pernyataan tersebut membuat ramai media sosial, terutama Twitter. Salah satu seorang pegiat media sosial, Permadi Arya memberikan pendapatnya terkait pernyataan Agnez Mo tersebut.

"Duh @agnezmo go international sampe segininya. "I dont have Indonesian blood whatsoever". Gini lho, "darah Indonesia" itu konsensus bersama Sumpah Pemuda identitas bangsa WNI. Statement anda khianati saudara-saudara anda turunan Tionghoa yang tiap hari masih berjuang ingin diakui as equal," cuit @permadiaktivis.

Selain itu masih banyak warganet Twitter yang mengecam pernyataan Agnez. Namun tidak sedikit juga penggemar yang membela pemain sinetron Pernikahan Dini tersebut.

Pasalnya, dalam potongan wawancara yang sama, Agnez juga menceritakan bahwa dirinya selalu memasukkan unsur-unsur budaya yang ada di Indonesia dalam video klipnya.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading