Internasional

Di China Banyak Babi Palsu, Kalau AS 'Banjir' Kalkun Palsu

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 November 2019 13:34
Di China Banyak Babi Palsu, Kalau AS 'Banjir' Kalkun Palsu
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam perayaan Thanksgiving, rakyat Amerika Serikat (AS) umumnya akan menyediakan daging kalkun sebagai hidangan utama. Namun, semakin hari, semakin banyak orang yang justru lebih memilih menghidangkan kalkun 'palsu' alias kalkun yang tidak terbuat dari daging kalkun sesungguhnya.

Orang-orang yang melakukan ini, biasanya adalah para vegetarian atau orang-orang yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan seperti sayur dan buah. Ini membuat penjualan kalkun palsu meningkat bahkan menyumbang 5% dari total pembelian daging di AS.


Beberapa jenis kalkun palsu yang menjadi pilihan biasanya dari produsen besar seperti Impossible Burger dan Beyond Burger. Pilihan pengganti ayam kalkun ini laris di pasar karena memiliki rasa dan tekstur yang tidak kalah enak dibandingkan daging kalkun asli.

Perusahaan lain Tofurky juga laku keras. Bahkan daging kalkun yang mereka buat dari tahu kini telah menjual 400.000 daging panggang setiap musim liburan.


Salah satu perusahaan lainnya Tyson Food Inc bahkan merencanakan peluncuran produk daging kalkun palsu baru. Meski demikian mereka menolak menyebutkan kapan launching resmi dilakukan.


"Jangan heran jika lebih banyak hidangan dari protein disajikan di meja Thanksgiving di masa depan. Kami melihat berbagai jenis makanan protein (di masa depan)," kata juru bicara Tyson Food Inc.

Sementara itu, Juru Bicara Departemen Pertanian AS Sue King, mengatakan tren beralih ke daging kalkun palsu memang naik. Meski begitu, konsumsi daging kalkun tetap relatif stabil di AS dalam beberapa tahun terakhir.

"Saat ini, konsumsi kalkun adalah sekitar 5 miliar pound (2,3 metrik ton) setiap tahunnya," katanya.

Sebelumnya di China, akibat harga daging babi yang mahal dan pasokan yang minim, banyak warga beralih ke daging babi palsu alias yang terbuat dari serat tahu. Selain lebih murah, ini juga diyakini lebih sehat karena terbuat dari unsur nabati.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading