Agensi BTS Ribut & Gugat Perusahaan Kosmetik, Ada Apa?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 November 2019 14:20
Agensi boyband BTS tengah menggugat perusahaan kosmetik Korea karena penggunaan nama yang mirip
Jakarta, CNBC Indonesia - Agensi Kpop asal Korea Selatan Big Hit Entertainment dikabarkan tengah melakukan gugatan dengan sebuah perusahaan kosmetik terkait pendaftaran merek dagang.

Menurut laporan pada 19 November, agensi yang menaungi BTS tersebut saat ini menggugat perusahaan kosmetik 'A' atas hak pendaftaran merek dagang dengan nama "BTS" dalam penjualan produk kosmetik mereka.

Dilansir dari Allkpop, laporan tersebut mengatakan bahwa perusahaan kosmetik 'A' saat ini memegang hak pendaftaran merek dagang dengan nama "BTS" setelah mengajukan pendaftaran nama tersebut pada Agustus 2015. Perusahaan kosmetik tersebur menggunakan "BTS" sebagai versi singkat dari kampanye "Back to Sixteen" (Kembali ke Enam Belas).


Seorang perwakilan dari perusahaan kosmetik tersebut menjelaskan, "Merek tersebut sama sekali tidak pernah memiliki hubungan dengan grup BTS. Tetapi setelah BTS menjadi terkenal, Big Hit Entertainment mengajukan gugatan terhadap pihak kami untuk mengklaim pendaftaran merek dagang kami."



Perusahaan kosmetik 'A' memang mendaftarkan hak merek dagang dengan nama "BTS" setahun setelah debut boyband tersebut pada 2013 silam. Sejak debut BTS, Big Hit Entertainment telah mengajukan pendaftaran merek dagang untuk nama "BTS" serta berbagai versi lain dari nama boyband itu dalam berbagai kategori penjualan dan bisnis.

Namun, ketika agensi tersebut berusaha mengajukan pendaftaran yang sama dalam bisnis kosmetik, mereka mengetahui bahwa nama "BTS" sudah terdaftar di perusahaan lain.

Akibatnya, pada bulan April tahun ini, Big Hit Entertainment mengajukan gugatan hukum ke perusahaan 'A' untuk membatalkan hak mereka di merek dagang "BTS" dalam penjualan kosmetik. Selanjutnya pada tanggal 17 November, Big Hit juga memutuskan untuk mengajukan gugatan hukum yang meminta pengadilan untuk membatalkan pendaftaran merek dagang "BTS" pada perusahaan kosmetik tersebut.

[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading