Bukan Tao Ming Tse, Ini Pria Muda Berharta Rp 53 T di China!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 October 2019 13:48
Bukan Tao Ming Tse, Ini Pria Muda Berharta Rp 53 T di China!
Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti Tao Ming Tse di drama Meteor Garden, kini hadir pemuda berusia 24 tahun dan memiliki harta sejumlah Rp 53 triliun dalam semalam.

Diketahui, salah satu keluarga terkaya di Tiongkok baru saja memberi putra mereka yang berusia 24 tahun yang bernama Eric Tse hadiah hibahan uang sebesar US$ 3,8 miliar (lebih dari Rp 53 triliun).




Pendiri Sino Biopharmaceutical Ltd., Tse Ping dan istrinya Cheng Cheung Ling mentransfer sekitar seperlima dari modal saham perusahaan kepada putra mereka Eric Tse. Peristiwa ini tentu menjadikan Eric sebagai salah satu orang terkaya di dunia dalam semalam.

Menurut rincian dalam pengajuan pertukaran Hong Kong, hibah 2,7 miliar saham menambah kekayaan orang-orang Asia yang diturunkan ke generasi berikutnya. Pada 2018, empat konglomerat Tiongkok memberikan lebih dari US$ 17 miliar (lebih dari Rp 238,331 triliun) kepada keluarga.

Mengapa mereka mewariskan dengan cara seperti itu? Sebab Hong Kong tidak memiliki pajak atas hadiah atau kekayaan warisan, dan ini menjadi sebuah keuntungan untuk mewariskan uang tanpa harus dipotong pajak.



Dilansir dari The Economic Times, Sino Biopharmaceutical dan Eric Tse belum menanggapi pemberitaan atas hadiah tersebut.


Namun dalam sebuah pernyataan yang beredar, Eric menjelaskan bahwa dia akan berusaha untuk tidak menonjolkan diri dan berusaha tidak akan berpartisipasi untuk memasukkannya secara individu dalam peringkat kekayaan global. Sebagai gantinya, Eric akan merekomendasikan bahwa kekayaan itu dianggap berasal dari 'Keluarga Tse Ping'.


Menurut perhitungan Bloomberg, di luar orang tuanya, termasuk kakak perempuan Theresa Tse, nilai gabungan dari saham Sino Biopharmaceutical yang dimiliki sekitar US$ 8,5 miliar.


Dalam pernyataan terpisah, Sino Biopharmaceutical menunjuk Eric Tse sebagai direktur eksekutif dan anggota komite dewan eksekutif perusahaan. Kompensasi ditetapkan sebesar HK $ 3,9 juta (US$ 498.000) setahun, ditambah bonus diskresioner.


Eric muncul sebagai direktur setidaknya di lima dewan perusahaan lain di Hong Kong, termasuk Charoen Pokphand Skyland Group Ltd., sebuah perusahaan yang menggunakan nama konglomerat keluarga terkaya Thailand.


Tse Ping, yang telah menjadi anggota komite nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China, badan penasihat politik utama negara itu, akan tetap menjadi presiden Sino Biopharmaceutical setelah transfer saham kepada Eric. Tujuannya adalah untuk memperbaiki manajemen dan warisan kekayaan keluarga.


Saham Eric akan diadakan melalui perusahaan induk Thousand Eagles Ltd. dan Remarkable Industries Ltd. yang berbasis di British Virgin Islands.


Eric Tse lahir di Seattle, bersekolah di Beijing dan SMA di Hong Kong, kemudian lulus dengan gelar keuangan dari Wharton School of University of Pennsylvania. Kemudian Eric mendirikan Yayasan Konferensi Tingkat Tinggi Tiongkok, sebuah organisasi amal yang mendukung inisiatif pendidikan dan budaya dan merupakan Sarjana Schwarzman di Universitas Tsinghua Beijing.


Eric juga aktif di Instagram, di mana ia berbagi berbagai foto parasailing dan berpesta dengan Rihanna.Swafoto dengan model Bella Hadid, bintang bola basket Yao Ming, dan Putri Charlene dari Monako. Postingan terbarunya adalah dari Beijing, tempat ia menghadiri peringatan 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok.

[Gambas:Video CNBC]



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading