Internasional

Wow, Jam Atom James Bond Dilelang Rp 37 Miliar

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 October 2019 17:41
Jam tangan James Bond dilelang
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi yang tahu dan menonton film James Bond tentu tahu benar bahwa James Bond dibekali alat-alat canggih dalam menuntaskan misinya sebagai agen rahasia. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, sekarang alat-alat canggih tersebut benar-benar ada.

Siapa sangka, salah satu perangkat ketepatan waktu terumit yang pernah dibuat terlihat langsung dari film James Bond akan segera dilelang. AMC Urwerk ( Atomic Master Control) adalah sistem hybrid, yang terdiri dari dua bagian otonom, tetapi terkait menurut Urwerk.


Yang pertama adalah unit dasar aluminium hampir 70 pound yang terlihat seperti sesuatu agen 007 mungkin perlu melucuti bom yang merupakan jam atom canggih. Jam atom membuat waktu yang paling akurat di planet ini pada dasarnya dengan mengukur getaran atom berkecepatan tinggi.

Bagian lainnya, yang dianggap sebagai unit bergerak, adalah jam tangan mekanis, yang dapat merapat di unit dasar untuk memperbaiki setiap perbedaan dalam menjaga waktu, serta mengkompensasi setiap perubahan menit dalam suhu, tekanan udara atau kelembaban.

AMC Urwerk, menjaga akurasi hingga satu detik setiap 317 tahun, kata kepala jam tangan Paul Boutros untuk rumah lelang Phillips kepada CNBC.



Perangkat hybrid ini adalah salah satu lot teratas dalam penjualan jam tangan Phillips mendatang yang disebut Game Changers.

Combo jam dan arloji membutuhkan waktu hampir satu dekade untuk dikembangkan dan hanya tiga set AMC Urwerk yang akan dibuat, masing-masing dihargai $ 2,7 juta atau sekitar Rp 37 miliar di ritel.

Yang di lelang dijual oleh pemilik yang ingin tetap anonim, dan itu adalah yang pertama untuk membawanya ke pasar sekunder. Boutros mengatakan kepada CNBC bahwa estimasi akan mulai jauh lebih rendah dari harga jual aslinya, yaitu $ 1 juta hingga $ 2 juta.

Boutros menjelaskan bahwa ada strategi untuk perkiraan lelang yang sedang ditetapkan.

"Kami memberikan klien kesempatan untuk mendapatkan sesuatu dengan harga yang baik, memperkirakan secara konservatif untuk membangun minat pada potongan tersebut. Dia akhirnya berharap bahwa peningkatan minat akan menyebabkan palu yang lebih tinggi harga," kata Boutros.

Jadi siapa yang akan tertarik untuk menjatuhkan tujuh angka pada mesin pencatat waktu yang ekstrem seperti itu? Urwerk AMC akan sangat menarik bagi orang-orang yang menghargai keahlian, ketepatan dan seni tersebut.

Sebelumnya, lelang Phillips Game Changers akan diadakan di New York City pada 10 Desember.


[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading