RI & 4 Negara ASEAN Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 October 2019 19:16
RI & 4 Negara ASEAN Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Jakarta, CNBC Indonesia - Mungkin terlalu dini 15 tahun untuk menggembar-gemborkan Piala Dunia 2034, tetapi upaya lima negara untuk menjadi tuan rumah pada turnamen bergengsi ini tidak dapat dihentikan.

Dikabarkan pada hari Rabu (9/10) lalu, berita mengenai tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 telah menyulut harapan para penggemar sepak bola di Asia Tenggara.

Singapura akan bergabung dengan Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam sebagai bagian dari upaya bersama lima negara ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Proposal untuk tawaran bersama disetujui pada Pertemuan Tingkat Menteri Asean kelima tentang Olahraga di Manila pada pekan lalu.


Menteri Pariwisata dan Olahraga Phiphat Ratchakitprakarn mengumumkan bahwa Thailand akan memimpin upaya bersama untuk menjadi tuan rumah turnamen. Tayangan tersebut telah ditonton oleh 3,6 miliar orang di seluruh dunia.


Selain kelima negara tersebut, negara anggota ASEAN lainnya juga dipersilakan untuk ikut mengambil bagian.

Ditandatangani pada Pertemuan Menteri Asean kelima tentang Olahraga di Manila, Filipina, gagasan tawaran Piala Dunia bersama pertama kali dimunculkan pada tahun 1996 oleh Menteri Pengembangan Masyarakat Singapura yang saat itu diduduki oleh Abdullah Tarmugi.

The Straits Times melaporkan pada saat itu, tawaran tersebut diterima secara positif oleh Federasi Sepak Bola ASEAN. Gagasan itu dihidupkan kembali pada 2011 dan 2017, tetapi belum ada tawaran resmi yang diajukan.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menyalakan kembali topik tersebut pada bulan Juni, setelah ia mengumumkan bahwa negara-negara Asia Tenggara akan bersama-sama mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola terbesar di dunia itu.

The Bangkok Post melaporkan bahwa negara-negara lain yang telah menunjukkan minat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 termasuk Cina, Mesir, Zimbabwe, Nigeria, serta kolaborasi Australia dan Selandia Baru.

Mereka semua diharapkan menjadi pesaing utama bagi tawaran bersama Asean. Menurut situs web resmi FIFA, terakhir kali Piala Dunia diselenggarakan bersama oleh dua negara adalah pada tahun 2002 oleh Jepang dan Korea Selatan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading