Berkat Pantai Pandawa, Desa Ini Cuan Rp 50 M per Tahun

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
13 September 2019 12:26
Foto: Pantai Pandawa (Yuni Astutik
Bali, CNBC Indonesia - Desa Adat Kutuh yang mengelola Pantai Pandawa Bali, menargetkan pendapatan sebesar Rp 50 miliar dari sektor pariwisata.

"Secara keseluruhan untuk target laba bersih tahun ini Rp 18 miliar, sekarang posisi terakhir berapa, pada rapat caturwulan pertama rasanya tercapai," kata Kepala Desa Adat Kutuh, I Made Wena, saat ditemui di Lokasi, Kamis (12/9/2019).

Desa yang memiliki kepemimpinan dualisme ini dipimpin oleh dua orang yaitu Kepala Desa Adat Kutuh, I Made Wena dan kepala Desa Kutuh, I Wayan Purja, yang mengurus soal administrasi. Meski punya dua kepemimpinan, nyatanya desa ini sukses mengembangkan berbagai hal dan menjadi desa yang mandiri.


"Saya untuk masyarakat adatnya, sementara kepala desa untuk urusan administrasi. Keduanya harus mampu bekerja bersama-sama. Kami sepakat, harus sejalan," tegasnya.


Nyatanya ucapan itu bukan omong kosong. Desa ini memiliki sembilan unit bisnis dan tiga unit layanan yang sukses mengantarkan Desa Kutuh bisa menjadi desa yang maju. Sembilan unit bisnis tersebut adalah Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Kawasan Wisata Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Area Paragliding dengan tarif US$ 100 dolar/ 20 menit, Seni budaya kecak, Unit barang jasa, Piranti Yatna, Transportasi dan Jasa konstruksi.

"Tidak ada investor. Karena kita adalah investor. Dari mana modal? Dari masyarakat yang menyimpan uang di LPD," jelasnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2 >>>>>





(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading