Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini Menghilang

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar , CNBC Indonesia
09 September 2019 16:48
Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini Menghilang Foto: Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar (Screenshot Instagram @ssccake)
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa tahun yang lalu, dunia kuliner khususnya pastry dan bakery kedatangan berbagai jenis kue kekinian yang menggandeng nama-nama para artis kondang ibu kota.

Awalnya kue-kue kekinian tersebut dikabarkan dapat menggerus toko-toko kue kecil yang sudah ada sejak lama di berbagai daerah. Namun kini terbalik. Nyatanya kue-kue kekinian tersebut malah menghilang, akun sosial media yang tidak update, dan bahkan beberapa outlet sudah tutup.

CNBC Indonesia merangkum deretan kue kekinian para artis yang tiba-tiba tak ada kabar lagi, rata-rata hanya bertahan satu tahun saja


Bandung Kanaya milik Amy Qanita dan Keluarga
Bandung Kayana milik ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita dan keluarganya ini sudah tutup sejak 8 Maret 2018. Hal tersebut bisa dilihat dari akun Instagram @bandungkanaya yang sudah tidak lagi memposting.

Postingan terakhir mengatakan "Store kami akan tutup sementara, tapi kami sudah menyiapkan kejutan loh. Kami akan istirahat selama beberapa saat". Namun nyatanya hingga kini toko yang sedang direnovasi itu tidak kunjung dibuka.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Bandung Kanaya milik Amy Qanita dan Keluarga ( Bandung Kanaya Via Detikcom)


Padahal usaha kue Bandung Kanaya dengan jenis mirip brownies ini terbilang unik. Dibanderol Rp 55.000 - Rp 60.000, Bandung Kanaya menyediakan tiga rasa selai yakni, coklat, macha dan vanilla untuk dicocol. Namun sayang, beberapa food blogger sempat mengatakan bahwa tekstur kue tersebut bukannya brownies tetapi seperti bolu biasa dan agak bantet. Selain itu, rasanya tawar sehingga memang harus dicocol ke dalam selai yang terasa terlalu manis.

Bosang Makassar milik Ricky Harun
Diresmikan pada 15 Januari 2017 silam, toko kue Bosang Makassar milik Ricky Harun yang berlokasi di jalan Ratulangi, Makassar yang ini dikabarkan sudah tutup. Hal ini bisa dilihat dari kolom komentar akun Instagram @bosangmakassar yang sudah tidak aktif dari beberapa bulan lalu.

Bosang Makassar merupakan gabungan kue bolu rasa keju dengan puff pastry di bagian tengahnya dan memiliki setidaknya 7 varian rasa yang dibanderol dari harga Rp 49.000 - Rp 55.000.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Bosang Makassar (Instagram)


Memiliki ketertarikan di dunia bisnis kue, Ricky tidak hanya menempelkan namanya di Bosang Makassar. Ia dan istri, Herfiza Novianti juga menempelkan nama di Semarang Roru Cake yang dulunya bernama Semarang Thal Cake milik Ruben Onsu dan Sarwendah. Semarang Roru Cake sendiri juga bernasib sama seperti Bosang Makassar.

Kuenya Ayu milik Ayu Ting Ting
Kuenya Ayu milik penyanyi dangdut dan pembawa acara Ayu Ting Ting ini sudah menghilang dan peradaban. Bahkan beberapa outletnya tutup di sejumlah titik. Ketika dicari lewat mesin pencari web, toko di Bekasi tutup permanen.

Sebelum tutup, Kuenya Ayu banyak mendapat kritik dari beberapa food vlogger yang mengatakan kalau rasanya tidak seenak kue artis lainnya. Ada pula yang sampai blak-blakan dengan mengatakan rasa Kuenya Ayu tidak enak.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Kuenya Ayu (Isntagram Kuenya Ayu)


Pemilik nama asli Ayu Rosmalina ini membuka Kuenya Ayu sejak November 2017, dan kue yang ditawarkan adalah kue bolu segiempat beraneka rasa yang dipatok dari harga Rp 29.000 sampai Rp 40.000.

Pisjo Cake oleh Arzeti Bilbina
Pemain sinetron yang kini menjadi politikus Arzeti Bilbina mengikuti trend dengan membuka Pisjo Cake sejak 2017 silam. Sayangnya oleh-oleh dari Kendari ini sudah tutup sejak 2018. Akun Instagram @pisjocake sendiri sudah tidak memposting sejak 64 minggu yang lalu.

"Selamat sore pisjokers hari ini pisjo cake ready untuk semua variant rasa yah," tulisnya di postingan terakhir. 

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Pisjo Cake (Instagram Pisjo Cake)


Pisjo Cake adalah sponge cake dengan buah pisang yang dibalut adonan berwarna hijau di dalamnya dengan pastry dan topping di atasnya. Ada juga bentuk sponge cake yang di tengahnya terdapat pastry yang renyah. Keseluruhan kuenya dibanderol Rp 70.000.

Princess Cake Milik Syahrini
Bogor Princess Cake, Bandung Princess Cake, dan Bakpia Princess Cake milik penyanyi Syahrini disinyalir tutup. Dalam akun Instagram ketiganya, @bogorprincesscake dan @bogorprincesscake kompak tidak lagi memposting sejak 29 Juli.

Sedangkan @bakpiaprincesscake sudah tidak lagi memposting jualan pada 13 Februari. Namun postingan terakhir bakpia malah foto dan video perkawinan Syahrini dengan Reino Barack.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Princess Cake (@bandungprincesscake via Detik)


Princess Cake sendiri adalah kue kekinian 3 lapisan puff pastry, bolu, dan toping beraneka rasa dengan bentuk segitiga. Memiliki 7 varian rasa, Princess Cake dibanderol dari harga Rp 72.000 - Rp 85.000. Sedangkan Bakpia memiliki 6 varian rasa yang dibanderol Rp 65.000 hingga Rp75.000.

Semarang Thal Cake dan Jambi Jambe milik Ruben Onsu dan Sarwendah
Disaat jualannya sedang naik daun, pasutri Ruben Onsu dan Sarwendah mundur dari bisnis yang dijalani mereka ini pada 23 September 2017. Belum diketahui secara pasti alasan mengapa mereka mundur dari manajemen kue artis tersebut.

Walaupun sudah tidak dipegang Ruben dan Sarwendah, Semarang Thal Cake yang berganti nama menjadi Semarang Roru Cake tetap buka hingga kini. Admin yang mengelola akun Instagram @semarangrorucake pun sempat menjelaskan kalau mereka hanya melakukan pergantian manajemen. Untuk rasa, produk, dan lokasi tetap sama.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Semarang Thal Cake Milik Ruben Onsu dan Sarwendah (Screenshot Instagram @thalcakesemarang)


Namun sayang, Jambi Jambe yang diganti menjadi Jambi Roru Cake dan kepemilikannya dipegang oleh pasangan Zaskia dan Irwansyah sudah tidak aktif lagi. Hal ini bisa terlihat dari akun Instagram @jambirorucake yang sudah tidak memposting apapun sejak bulan Ramadan tahun 2018 lalu.

Semarang Wife Cake milik Chelsea Olivia
Semarang Wife Cake milik Chelsea Olivia sudah tutup. Hal ini bisa dilihat dari postingan Instagram @semarangwifecake yang sudah tidak aktif sejak 35 minggu lalu.

"Untuk sekarang kami tutup sementara, dan akan buka kembali nanti , tetep stay tune dan setia pada @semarangwifecake ya Wifers," tulis keterangan dalam postingan terakhir.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Semarang Wife Cake milik Chelsea Olivia (Screenshot Instagram @semarangwifecake)


Semarang Wife Cake berbentuk bulat seperti pie berlapis yang tengahnya dilumuri berbagai rasa. Sebelum tutup, Semarang Wife Cake menyediakan lima varian rasa Green Tea, Chocomelt, cheese, lemon dan choconut yang dibanderol Rp 58.000.

Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar
Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar ini menghilang sejak 1 tahun yang lalu. Hal ini bisa dilihat lewat akun Instagramnya @surabayasnowcake yang sudah tidak memiliki postingan apapun dan akun @snowcakesurabaya yang sudah tidak aktif.

Surabaya Snow Cake yang merupakan perkembangan modifikasi dari Kue Lapis Surabaya yang sama-sama terdiri dari tiga lapisan kue. Yang membedakan hanya Surabaya Snow Cake menumpuk dengan lapisan puff pastry pada lapisan atas dan bawah.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar (Screenshot Instagram @ssccake)


Surabaya Snow Cake dibanderol dari harga Rp 60.000 - Rp 69.000 dan setidaknya memiliki 14 aneka rasa.

Queenroll Bangka & Palembang milik Sandra Dewi
Queenroll Palembang milik artis asal Palembang-Bangka Belitung, Sandra Dewi yang membuka tokonya di Jalan Talang Kerangga Nomor 26, Palembang. Namun sayang, toko kue ini sudah ditutup, bahkan akun Instagram @queenrollpalembang sudah tidak tersedia lagi.

Queenroll ini sejenis cake gulung yang di dalamnya terdapat isian atau filling. Untuk isinya ada beberapa varian rasa, seperti cheese lovers, green tea, salted peanut butter, pineapple, choco melt, dan rasa durian.

Nasib Kue-kue Artis RI, Dulu Viral Kini MenghilangFoto: Queenroll Palembang milik Sandra Dewi (Screenshot Instagram @palembanginfo)


Kue kekinian ini dibaderol dengan harga Rp 58.000 untuk semua varian rasa.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading