Lagi, Turis Asing Viral karena Lecehkan Kesucian Kuil di Bali

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
15 August 2019 19:06
Lagi, Turis Asing Viral karena Lecehkan Kesucian Kuil di Bali Foto: Gempa Bumi di Bali (REUTERS/Johannes P. Christo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kelakuan turis asal Republik Ceko yang mengunjungi Bali. Bagaimana tidak, turis tersebut berlaku tidak sopan yang menyepelekan situs suci di Bali.

Dilansir dari Business Insider, diketahui kedua turis tersebut adalah sepasang influencer bernama Sabina Dolezalova dan Zdenek Slouka. Keduanya terciduk tersebut adalah model yang terlihat dalam video sedang melakukan tindakan tak senonoh di sekitar air mancur pure Beji di hutan monyet Ubud. 



Kuil yang sangat luas itu berlokasi di sebelah utara Bali dan telah ada sejak abad ke-15. Kuil tersebut ditujukan untuk dewi Sri (dewi padi), jadi tentu saja perbuatan yang tidak sepantasnya itu memicu amarah warga setempat.


Dalam video itu, Dolezalova tampak menungging dan mengangkat roknya, dan Slouka memercikkan air dari kuil di bagian belakang tubuhnya. Kemudian, dia melompat dan tertawa.

Keduanya memiliki sekitar 80.000 pengikut di Instagram, menurut Yahoo News.

Sontak, aksi sejoli ini pun disambut kritik oleh warga net, terutama penduduk Bali. Kelakuannya dinilai memalukan dan tak sepatutnya dijadikan candaan, bahkan sempat ada yang menuntut agar pasangan tersebut tak bisa kunjungi Bali lagi.


Arya Wedakarna, anggota DPD dari Bali, bahkan memposting ulang video di Instagram pada hari Sabtu dan mengutuk aksi pasangan tersebut. Arya menyebut aksi sejoli itu pelecehan terhadap kesucian kuil. Arya juga berencana untuk memanggil pasangan itu untuk kelakuannya yang memprihatinkan.

Tak berapa lama, pasangan itu pun memposting permintaan maaf melalui sebuah sebuah video di Instagram. Mereka sangat menyesal tentang video tersebut.

 "Kami tidak tahu bahwa itu air suci di Ubud, kami sangat benar-benar minta maaf," kata Slouka.

Sementara Sabina Dolezalova pun mengatakan bahwa mereka tidak tahu bahwa ada sebuah kuil suci dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

 "Kami tidak tahu bahwa itu adalah air suci atau bahwa ada sebuah kuil suci, jadi kami benar-benar tidak ingin melakukan sesuatu yang buruk. Kami benar-benar minta maaf, dan kami harap Anda akan memaafkan kami.  Sekarang kami hanya menemukan apa yang bisa kami lakukan untuk memperbaikinya," kata Dolezalova"

Sebelumnya, kompleks kuil Beji menampilkan bangunan batu pasir berukir yang menggambarkan cerita rakyat Hindu.  Tempat ini begitu dihormati oleh petani setempat karena roh yang tinggal di kuil dikatakan dapat  menjaga sawah dan irigasi.

Permintaan maaf ini pun sudah sampai ke Arya Wedakarna pada hari Minggu lalu. Alhasil, Arya pun berpesan agar kedua turis bertanggung jawab dan melakukan upacara adat dan menanggung biayanya.

Simak teropong 10 Bali baru di bawah ini
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading