Intip Peluang Bisnis Katering Sehat, Bisa Untung 500%!

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
14 July 2019 13:30
Intip Peluang Bisnis Katering Sehat, Bisa Untung 500%!
Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis katering sehat semakin bermunculan di beberapa kota besar seperti Jakarta. Hal ini pun turut dilirik oleh Vanya Sunanto selaku Co-Owner Kenyang Senang.

Berawal dari ingin menikah dan ingin sang suami hijrah dari Bandung ke Jakarta, akhirnya Vanya memutuskan untuk fokus berbisnis katering sehat ini. Bak gayung bersambut bisnis itu pun sekarang sudah berjalan sejak 3 tahun lebih.

"Bisnis ini dijalankan berdua sama suami kebetulan dia food technology dan waktu itu tahun 2015 kita juga putuskan menikah. Karena aku di Jakarta dan suami di Bandung kita pikirkan bisnis apa dan saat itu juga saya sudah menjalani gaya hidup Paleo Diet. Kita melihat ada peluangnya jadi kita putuskan berbisnis ini," kata Vanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, pekan lalu.

Dia menuturkan bahwa Kenyang Senang merupakan catering makanan Indonesia yang dipersiapkan dengan prinsip paleo diet. Itu artinya, semua masakan Kenyang Senang tidak mengandung gula dan pemanis buatan, MSG, pengawet, susu dan turunannya, grains (biji-bijian dan serealia), legumes (kacang-kacangan), dan gluten.

Kenyang Senang menyediakan makanan sehat dengan porsi yang sangat mengenyangkan. Namun semua itu dengan komposisi bahan yang sehat sehingga dapat mendukung misi penurunan berat badan bahkan mereka yang menjaga pola hidup konsumsi sehat.

Intip Peluang Bisnis Katering Sehat, Bisa Untung 500%!Foto: Dok Kenyang Senang


Untuk menambah khasanah masakan, sesekali Vanya dan suami menambahkan menu baru secara berkala. Adapun beberapa pelanggan Vanya nyaris didominasi para pekerja kantoran di sekitar kawasan perkantoran Jakarta.

Bahan-bahan masakan yang dia dapatkan langsung dibeli dipasar dan langsung di masak di hari yang sama. Sehingga kualitasnya pun tetap terjaga dengan jumlah kalori yang sudah diperhitungkan.


Meski begitu Vanya tak serta merta menerima segala orderan begitu saja. Dia pun membatasi kuota, yakni maksimum 80 orang saja.

Range harga pun dia banderol sangatlah variatif yaknj dibawah Rp 70 ribu hingga Rp 82.500. Harga itu tergantung berapa menu yang dipilih semakin banyak maka semakin murah

"Kita sistemnya pre-order jadi bukanya setiap Senin dan tutup order di hari Kamis. Kita pakai kuota biasanya 50-60 orang dan maksimum 80 orang," papar dia.


Berbicara bisnis, dia mengatakan bahwa bisnis makan sehat khususnya katering sehat terus tumbuh ketimbang tahun 2015 lalu. Peningkatannya pun hampir 500 persen. Bahkan dari bisnis ini, Vanya dan sang suami telah memiliki lima orang karyawan dan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Intip Peluang Bisnis Katering Sehat, Bisa Untung 500%!Foto: Dok 3skinnyminies


Tidak hanya itu, katering sehat lainnya, yakni 3 Skinny Minnies juga bercerita sedikit mengenai bisnis makanan sehatnya. Katering diet itu adalah milik selebriti Dian Sastrowardoyo bersama empat sahabatnya -Jessica Halim, Putri Hardiman Alamsyah, Reina Latif Wardhana dan Tana Suwardhono. Mereka dan sudah hadir sejak akhir 2013 dan semakin laris hingga saat ini.

3 Skinny Minnies dimulai atas dasar keinginan lima wanita cantik ini untuk menurunkan berat badan. Kala itu, bisnis katering diet belum semarak sekarang dan mereka mencari cara bagaimana bisa tetap makan sehat tapi enak. Karena suka makan dan masak, mereka mencoba membuat menu diet sehat sendiri.

"Memulai catering ini karena hobi makan dan masak, terus kita pengen kurus. Akhirnya coba diet tapi kok makanan diet nggak enak ya. Akhirnya kita bikin sendiri eh enak dan berhasil turun berat badannya. Terus saudara, teman-teman minta bikinin juga, mulai dari situ jadi jualan," ungkap Tana kepada CNBC Indonesia.


Tana mengatakan, menu yang ditawarkan sangat beraneka ragam mulai dari makanan Asia, Amerika, Eropa, hingga Afrika bisa menjadi pilihan. Berbicara soal harga, paket catering diet 3 Skinny Minnies mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 1,7 jutaan per minggu (Senin sampai Jumat) untuk makan siang saja atau ditambah makan malam.

Tidak hanya itu, ada pula paket diet intensif yang ditawarkan dengan harga Rp 2,9 juta dalam dua minggu. Paket lain yang juga cukup unik adalah menu diet untuk calon pengantin sebesar Rp 3,8 jutaan selama tiga minggu.

Jika saat baru memulai pesanan sekitar sepuluh, kini Tana menuturkan kalau 3 Skinny Minnies bisa menerima 60 sampai 80 order setiap minggu. Pelanggan yang datang sebagian besar orang kantoran dan sisanya ibu rumah tangga.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading