Sepeda Brompton Puluhan Juta Bisa Jadi Sarana Investasi?

Lifestyle - Fitriyah Said & Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 May 2019 14:31
Sepeda Brompton Puluhan Juta Bisa Jadi Sarana Investasi?
Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak hanya motor dan mobil, ternyata sepeda bisa menjadi hobi yang mahal. Sebagai contoh para pecinta sepeda lipat. Mereka tak pernah sungkan mengeluarkan puluhan juta rupiah demi membeli satu unit moda transportasi tersebut.

Pada salah satu merek seperti Brompton, ada hal lain yang membuatnya mahal. Mulai dari sejarah panjang dan proses pembuatan sepeda yang unik. Lantas apakah benar nilai jual yang tinggi bisa membuat sepeda ini menjadi salah satu barang investasi?

Ketua Brompton Monas Cyclists (BMC) Ahmad Muttaqin mengatakan hal itu memungkinkan bila mana sepeda memiliki sejarah kuat. Dia memaparkan sepeda yang memiliki nilai tinggi, yakni yang dijual dalam edisi khusus dan terbatas. Biasanya dalam dua hingga tiga tahun harga jualnya tetap stabil atau bahkan tambah tinggi.


"Kebetulan harga sepeda yang seperti ini kita baru temukan di Brompton. Maksudnya yang memiliki kualitas bagus dan tangguh dan kalau investasi tentunya yang pasti edisi khusus," ucapnya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.



Muttaqin menuturkan bahwa selama memiliki hobi bersepeda lipat, sangat jarang harga sepeda lipat khususnya merek Brompton itu jatuh saat dijual kembali. Biasanya untuk harga baru dibanderol sekitar Rp 30 juta ke atas.


Kendati demikian, dia pun mengamati bahwa sepeda lipat bukanlah menjadi ladang untuk berinvestasi tetapi hobi semata. Hal itu juga terjadi bagi semua pesepeda lipat dalam komunitas BMC.

"Memang sepeda ini (lipat) juga agak aneh. Saya punya teman-teman punya sepeda itu lebih dari lima unit. Tapi sebenarnya itu untuk investasi itu tergantung edisinya dan jarang untuk dijadikan investasi lebih ke hobi," papar Muttaqin.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading