Vivi Zubedi, Desainer Abaya yang Dulu Pernah Menjadi Akuntan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 May 2019 - 13:37
Vivi Zubedi, Desainer Abaya yang Dulu Pernah Menjadi Akuntan
Jakarta, CNBC Indonesia - Terkenal dengan karyanya yang identik dengan abaya, desainer Vivi Zubedi ternyata memiliki alasan tersendiri untuk menjadi desainer. Siapa sangka ternyata wanita berdarah Arab ini, sebelumnya adalah seorang akuntan.


Ibu dua orang anak ini nekat terjun ke dunia fesyen sebagai desainer meski belum pernah menimba ilmu di bidang tata busana. CNBC Indonesia pun berhasil mewawancari eksklusif Vivi Zubedi di Jakarta, beberapa waktu lalu. Berikut petikan wawancaranya: 





Apa yang membuat Anda memilih menjadi desainer?
Sebenarnya aku itu dulu adalah seorang akuntan dan karena menikah sudah tidak lagi bekerja lalu berpikir untuk menjadi desainer. Aku berpikir mendesain busana karena awalnya adalah untuk kebutuhan sendiri dan ternyata banyak yang suka.

Sejak kapan Anda memutuskan jadi desainer?
Sejak 2011 saya putuskan sebagai desainer. Ini passion juga. Saat itu fesyen belum berkembang dan saya mencoba ciptakan hal berbeda. Semenjak itu, aku mulai kursus privat belajar membuat pola busana. Saya memfokuskan diri untuk membuat pola ciri khas dari produknya.

Anda menjual abaya dan itu sangatlah segmented. Lalu pernahkah anda mengalami kerugian?
Iya pernah, waktu tahun 2011, aku alami kerugian. Dulu jual Abaya katanya orang juga bingung pakai ke mana. Tapi aku cari cara strategi baru. Setelah dilihat, ternyata masyarakat Indonesia suka motif etnik dan vintage dan akhirnya aku mencoba angkat itu.

Saat itu saya belum mengerti selera masyarakat. Terlebih, Abaya dianggap sebagai kostum yang tidak ready-to-wear, dan ribet dikenakan saat berpergian.




Sejak kapan Anda terjun dan mulai menggarap pasar internasional?

Jadi itu kalau tidak salah tiga tahun setelah terjun ke dunia fesyen, saya mulai beranikan diri menemukan ciri khas saya. Dan kini saya sudah memiliki butik di Indonesia dan di Amerika.

Prestasi apa yang pernah kamu raih sejauh ini?
Aku waktu itu show di The Show New York Fashion Week 2018. Kala itu, saya memamerkan produk hijab dan membawa kain sasirangan dan tenun pagatan khas Kalimantan Tengah di ajang tersebut.

Koleksi Anda sudah dipasarkan di mana saja?
Koleksi Abaya brand Vivi Zubedi kini sudah merambah ke masyarakat dari Inggris, Afrika Selatan, Jerman, Dubai, dan Qatar.

Adakah niat untuk kembali ekspansi?
Tentunya akan ada dalam waktu dekat. Saya ingin ekspansi ini dengan hadir di pusat perbelanjaan bergengsi di luar negeri. Saya pikir soal branding sudah sukses. Brand Vivi Zubedi sudah mendapatkan banyak lamaran dari department store luar negeri untuk berkolaborasi.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading