1,2 Juta Orang Kursus Bahasa Game of Thrones di Aplikasi Ini

Lifestyle - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
15 April 2019 13:27
1,2 Juta Orang Kursus Bahasa Game of Thrones di Aplikasi Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Baru-baru ini, aplikasi Duolingo menawarkan Bahasa High Valyrian, salah satu bahasa dari dunia fiksi Game of Thrones.

Saat ini, ada 882.000 pengguna aktif yang mempelajari bahasa High Valyrian dalam 12 bulan terakhir.

"Skorverdon zaldrīzoti Daenerys ēza?"

Jika ditranslasikan menjadi: "Berapa banyak naga yang dimiliki oleh Daenerys?




Bagi penggemar serial HBO Game of Thrones sudah tidak asing dengan bahasa tersebut. Nama bahasa itu adalah High Valyrian dari Valyrian Freehold. High Valyrian, adalah salah satu dari empat bahasa yang dicipitakan oleh ahli bahasa asal Amerika Serikat David J. Peterson.

Pertama kai Duolingo memberikan pembelajaran Bahasa High Valyrian pada tahun 2017. Sejak itu, 1,2 juta orang telah menggunakan kursus Bahsa Valyrian. CNBC Internasional menulis bahwa dalam dua minggu terakhir menjelang pemutaran perdana Season 8, terdapat 65% peningkatan pengguna yang mulai kursus Bahasa Valyrian di Duolingo.



High Valyrian, bukanlah satu-satunya bahasa fiksi yang ditawarkan oleh Duolingo. Para penggemar film Star Trek juga bisa mengambil kursus Bahasa Klingon, bahasa artifisial yang digunakan oleh bangsa Klingon dalam dunia fiksional Star Trek. Bahasa ini terdengar seperti alien dan memiliki fitur toplogi yang tak biasa yang dibuat oleh Marc Okrand, ahli bahasa dari Amerika Serikat.

Untuk menawarkan suatu bahasa dalam aplikasinya, Duolingo acap kali menggunakan jasa para sukarelawan dan karyawanya untuk mengembangkan materi bahasa tersebut. Namun tidak bagi Bahasa High Valyrian, sang kreator bahasa David J. Peterson sendiri lah yang menjadi kontributor bahasa tersebut untuk memberikan materi pembelajaranya.

1,2 Juta Orang Kursus Bahasa Game of Thrones di Aplikasi IniFoto: Kit Harington berpose di redcarpet acara premiere episode terakhir "Game of Thrones" di Radio City Music Hall, New York, US, 3 April 2019. (Reuters/Caitlin Ochs)


"Kami mengajar lebih dari 30 bahasa dan ribuan orang yang menguasai bahasa itu dapat dapat membantu kami untuk memberikan pembelajaran kepada pengguna. Sedangkan untuk Bahasa High Valyrian, satu-satunya orang di Bumi yang mengetahui bahasa itu adalah David Peterson," ucap Sam Dalsimer, Head of PR Duolingo dalam halaman CNBC Internasional (14/4/2019).

Asal-usul Bahasa High Valyrian berasal dari buku yang ditulis oleh novelis Amerika Serikat bernama George R.R Martin hingga akhirnya ditayangkan pada serial televisi. Peterson memenangkan kontes untuk mengembangkan Bahasa Dothraki di Serial Game of Thrones. Lalu ia juga diminta untuk membuat Bahasa High Valyrian.


Penacapaianya adalah untuk membuat bahasa klasik yang dapat melahirkan bahasa lain, mirip dengan bahasa Romawi. Peterson juga mencatat bahwa bahasa itu juga harus cocok dengan nama-nama karakter yang diciptakan dalam buku Martin seperti Daenerys, Viserys, dan Rhaella.
Saat ini, ada 824 kosa kata High Valyrian yang bisa dipelajari bagi pengguna Duolingo dan angka itu akan terus bertambah. Peterson mengatakan bahwa ada 2000 kosa kata dalam mode full version di aplikasi yang telah dikelolanya.

"Dengan setiap bahasa yang saya buat, maka saya akan tetap mengerjakanya selama hidup saya sampai saya tidak senang melakukanya. Ini adalah salah satu bahasa yang saya buat, tidak ada perlakuan khusus," ucap Peterson dalam CNBC International (14/4/2019).

1,2 Juta Orang Kursus Bahasa Game of Thrones di Aplikasi IniFoto: Kit Harington dan Rose Leslie di redcarpet acara premiere episode terakhir "Game of Thrones" di Radio City Music Hall, New York, US, 3 April 2019. (Reuters/Caitlin Ochs)


Saat Pertama kali melihat Duolingo, Peterson merasa bahwa itu bisa merevolusi cara seseorang untuk belajar bahasa. Duolingo memiliki tampilan antar muka yang baik dan gratis. Bagi Peterson, itu adalah impian bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan sepertinya untuk menciptakan bahasa bagi orang-orang yang tidak memiliki akses. Walaupun ia tidak meramalkan sebelumnya bahwa Bahasa High Valyrian akan populer.

Saat ini, High Valyrian memiliki 822.000 pengguna yang belajar bahasa tersebut dan digunakan dalam 12 bulan terakhir. Lebih tinggi dari Bahasa Ceko, Norwegia, Vietnam, dan Hongaria. Peterson pun tak menyangka dengan hal tersebut.

"Saya membayangkan bahasa itu biasa saja. Tapi saya tidak pernah membayangkan ada banyak orang yang tertarik untuk mengambil kursus bahasa itu (High Valyrian)," ucap Peterson.

Peterseon bangga dengan pencapaian statistik Bahasa High Valyrian, sebesar 44% pengguna ke Duolingo datang untuk belajar Bahasa High Valyrian dibanding belajar bahasa lainya. Sementara itu, bagi Peterson, para pengguna dapat melihat Bahasa High Valyrian sebagai budaya lain.

"Saat kami menjadi lebih fokus pada ekonomi, orang-orang melihat bahasa sebagai alat yang bertentangan dengan karya seni, dirinya sendiri, atau sejarah budaya," kata Peterson.

Simak efek Game of Thrones di bawah ini untuk HBO
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading