5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 April 2019 14:40
5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Selebriti terjun ke dunia politik bukanlah hal yang baru lagi. Mereka mencoba peruntungan baru untuk menjadi politisi dan maju menjadi calon legislatif.

Jelang pemilihan legislatif atau Pileg 2019, ada banyak selebriti mulai dari musisi hingga pemain sinetron yang mendaftarkan diri mereka sebagai wakil rakyat. Lantas siapa saja mereka? Berikut adalah beberapa caleg artis yang dirangkum CNBC Indonesia.





Giring Ganesha
Mantan personel band Nidji, Giring Ganesha, rela melepaskan dunia hiburan musik demi terjun ke dunia politik. Giring kini disibukkan dengan kegiatannya sebagai calon legislatif Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Giring menjadi Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat 1 untuk kota Bandung dan Cimahi. Kepada CNBC Indonesia, Giring mengatakan menjadi calon legislatif adalah bentuk pengabdiannya kepada negara.

Untuk persiapannya, dia mengaku sudah melakukan yang terbaik. Giring pun sudah melakukan banyak blusukan baik di Bandung dan Cimahi.

5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019Foto: Foto/Giring Ganesha/Dok. Detik.com

"Untuk persiapan yang pasti sudah matang. Namun dibilang sempurna enggak tahu sih kita. Ini merupakan niat baik, kerja keras blusukan dan sudah dibantu relawan," kata Giring

Adapun visi misi yang dia miliki adalah memperjuangkan untuk pembebasan SPP bagi siswa siswi Bandung dan Cimahi serta memperjuangkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Program utama saya bebas SPP untuk siswa-siswi Bandung dan Cimahi. Siap memperjuangkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah milik Pak Jokowi," kata dia.


Annisa Trihapsari
Annisa Trihapsari juga maju sebagai calon legislatif (caleg) lewat parpol Partai Berkarya untuk Jawa Tengah I (Kendal, Salatiga, Kota Semarang, Kabupaten Semarang). Ternyata sang suami Sultan Djorghi juga mencalonkan diri untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat VIII (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon) di partai yang sama.

Annisa mengaku bahwa sudah enam bulan tidak kembali ke Jakarta demi melakukan blusukan ke daerah yang akan dia pimpin nanti. Di sana, Annisa mendapat begitu banyak pengalaman baik mendengarkan aspirasi mereka dan melihat keadaan lingkungan masyarakat secara langsung.

5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019Foto: Foto/Annisa Trihapsari/Dok. Detik.com

"Persiapan sudah enam bulan dan saya belum pulang ke Jakarta sampai pemilihan. Banyak hikmah nya saat terjun langsung (blusukan) yang pasti beda yang ke masyarakat ketemu langsung. Saya langsung berdialog langsung dengan mereka seperti nelayan," kata Annisa kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Annisa juga mengaku tak banyak mengobral janji dan lebih mendengarkan juga menampung keinginan warga. Semisal, dia terpilih dan memiliki anggaran dana baru, dia bersama-sama hendak membereskan hal-hal yang perlu diperbaiki.

"Setiap kali bertemu calon pemilih, saya tidak berjanji. Saya khawatir tidak bisa memenuhi janji dan mengecewakan mereka. Saya hanya menyerap aspirasi mereka. Dan bila Insya Allah terpilih dan punya anggaran dana baru, kita perbaiki apa yang dibutuhkan. Semoga tetap istiqomah," kata Annisa.


Venna Melinda
Dunia politik sudah tidak asing bagi Venna Melinda. Pemilihan tahun ini, Venna memutuskan untuk pindah dari partai politik yang membesarkannya yakni Demokrat dan berpindah ke partai NasDem.

Walapun kini Venna berjuang bersama NasDem, bukan berarti ia melupakan jasa Demokrat. Venna masih memilih untuk tetap maju caleg di Dapil Jatim VI yang sudah dia pimpin selama 2 periode meliputi wilayah Tulungagung, Kediri, dan Blitar.

5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019Foto: Foto/Vena Melinda/Dok. Detik.com

"Saya sudah 2 periode di Jatim VI. Sudah ada chemistry dengan konstituen. Kalau soal hasil, semua kembali ke Allah. Alhamdulillah, saya sudah sudah 10 tahun dengan Dapil ini," kata Venna.

Bicara target, Venna mengaku ingin terus memajukkan pendidikan di Dapilnya.

"Kalau saya optimisnya terus berjuang untuk masyarakat karena saya 10 tahun. Saya ingin pendidikan di Dapil saya lebih maju. Saya yang penting kerja dan kerja," kata Venna.


Krisdayanti
Diva penyanyi Tanah Air, Krisdayanti juga sedang sibuk dengan dunia barunya di dunia politik. KD, sapaan akrabnya, resmi menjadi kader PDIP.

Bahkan istri dari Raul Lemos itu maju sebagai calon anggota DPR RI dari PDIP untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur V yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Ia mengaku terjun ke dunia politik karena ingin menyerap aspirasi masyarakat. Berada di kursi legislatif, ia merasa akan memiliki banyak kesempatan dalam menentukan kebijakan pemerintah.

5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019Foto: Foto/Krisdayanti/Dok. Detik.com

"Jadi di legislatif, saya memiliki banyak kesempatan karena politik ada dalam keseharian kita. Apa itu tentang pemerataan pendidikan, kesehatan, harga naik, saya ingin ada dalam kebijakan tersebut," kata KD kepada CNBC Indonesia.

Pelantun Menghitung Hari ini pun mengaku bahwa bila berhasil lolos masuk Senayan, dia akan masuk di Komisi X atau Komisi VIII. Komisi X membidangi pendidikan, kebudayaan, dan olahraga. Sementara komisi VIII membidangi sosial, agama, perempuan, dan anak.




Tina Toon
Penyanyi cilik Agustina H atau Tina Toon kini mencoba peruntungan baru sebagai calon legislatif. Wanita berusia 25 tahun ini akan akan menjadi calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Dapil II (Cilincing, Koja, Kelapa Gading dan Kepulauan Seribu)

5 Selebriti Ini Jadi Calon Anggota Legislatif di Pemilu 2019Foto: Foto/Tina Toon/Dok. Detik.com

Adapun program jika terpilih nanti seperti berkonsentrasi pada anggaran provinsi untuk bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kebudayaan, sosial, kesejahteraan dan ekonomi mikro.

"Saya akan tetap konsentrasi pada anggaran provinsi pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kebudayaan, sosial, kesejahteraan dan ekonomi mikro," ucap dia. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading