Sebelum Beli Game di Steam, Perhatikan Dulu Hal Ini

Lifestyle - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
07 April 2019 17:23
Sebelum Beli Game di Steam, Perhatikan Dulu Hal Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi para gamers, siapa sih yang tak mengenal Steam? Dimiliki oleh Valve Corporation, Steam merupakan sebuah platform distribusi video games untuk perangkat PC. Video games yang didistribusikan melalui Steam bisa dikembangkan oleh Valve sendiri maupun pengembang lainnya.

Hampir semua video games kenamaan dunia bisa diakses menggunakan platform ini, seperti Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, dan Playerunknown's Battlegrounds atau yang akrab didengar dengan singkatan PUBG.

Di dalam Steam, tersedia ribuan video games, baik yang gratis maupun berbayar.


Namun, sebelum memutuskan untuk mengunduh atau bahkan membeli sebuah video game, ada baiknya gamers memperhatikan suatu hal yang dinamakan playerbase.

Playerbase merupakan jumlah pemain yang memainkan sebuah video game. Kala berbicara mengenai playerbase, yang dilihat bukanlah total pemain yang pernah memainkan video game tersebut, melainkan jumlah pemain yang sedang online dalam suatu waktu.

Playerbase mejadi luar biasa penting ketika video game yang dimainkan adalah yang bersifat multiplayers seperti Dota 2 dan Counter-Strike: Global Offensive. Untuk video game dengan genre battle royale seperti PUBG, playerbase menjadi semakin penting bagi gamers. Sebab, jika playerbasenya rendah, pemain akan kesulitan untuk mendapatkan sebuah permainan.

Sayangnya, banyak video games yang sebenarnya bagus dan memiliki rating yang tinggi, namun playerbasenya rendah sehingga sulit sekali untuk dapat dimainkan. Misalnya saja Darwin Project. Mendapatkan peringkat "Very Positive", video game bergenre battle royale besutan Scavengers Studio tersebut hanya dimainkan oleh 90 orang.

Ada juga Realm Royale. Sempat digadang-gadang sebagai "Fortnite-killer", Realm Royale kini hanya dimainkan oleh kurang dari 2.220 gamers, pasca sebelumnya sempat dimainkan oleh lebih dari 100.000 orang.

Untuk mengetahui playerbase dari sebuah video game yang ada di steam, gamer bisa menggunakan bantuan sebuah halaman bernama steamchart. Di bagian kanan atas dari halaman steamchart, gamer tinggal memasukkan nama video game yang ingin dicek, lalu klik enter.

Melalui cara ini, jumlah pemain yang sedang online, jumlah pemain terbanyak yang online secara bersamaan dalam waktu 24 jam terakhir, dan jumlah pemain terbanyak yang online secara bersamaan semenjak video game tersebut diluncurkan bisa dicek.

Mau Beli Game di Steam? Perhatikan Hal Ini!Foto: Steamchart

Jadi, jangan sampai gamer mengeluarkan uang untuk sebuah video game yang playerbasenya rendah ya. Seringkali, kecilnya biaya promosi yang dimiliki sebuah publisher akan membuat video game besutannya kurang populer walaupun memiliki rating yang baik. (ank/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading