Ini 7 Film Marvel Jadi Mesin Pengeruk Uang Lebih dari Rp 14 T

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 April 2019 08:35
Ini 7 Film Marvel Jadi Mesin Pengeruk Uang Lebih dari Rp 14 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Marvel Cinematic Universe (MCU) menjelma menjadi salah satu franchise paling populer dan sukses saat ini. Terhitung saat ini telah ada 21 film yang dihasilkan Marvel dan mendapatkan US$ 20 miliar atau RpĀ 282 triliun dari seluruh total box office sejak dimulai pada tahun 2008.

Tentu saja, sebagian besar dari kesuksesan itu karena banyak film yang telah diproduksi. Hanya franchise James Bond yang membuat sebanyak mungkin film individual, dan tidak ada yang melakukannya secepat Marvel Studios.

Ada hal menakjubkan dari semua bisnis yang telah dilakukan serial Marvel, yaitu sekitar setengah dari total pendapatan yang dihasilkan sebenarnya berasal dari hanya sepertiga dari film yang diproduksi. Kurang dari 40 film dalam sejarah perfilman telah menghasilkan $ 1 miliar atau lebih di box office global, dan Marvel telah membuat tujuh di antaranya.


Berikut ini beberapa film Marvel Cinematic Universe dengan pendapatan miliaran dolar:

1. Marvel's The Avengers
Foto: Reuters

Global Box Office: US$ 1,52 Miliar (Rp 21,5 triliun)

Ketika MCU dimulai, tidak ada yang yakin seberapa hebat film ini bisa menembus pasaran. Pasalnya, serangkaian film solo dirilis. Beberapa melakukannya dengan baik di box office seperti Iron Man, tapi ada yang tidak mendapat respons terlalu antusias seperti The Incredible Hulk.

Namun, ujian sesungguhnya dari konsep tersebut adalah ketika para pahlawan pertama kali akan disatukan dalam The Avengers. Tak perlu dikatakan itu berhasil.

Tim besar itu memulai film Marvel pertama dan menembus raihan pendapatan US$ 1 miliar (Rp 14 triliun) dan menjadi film Marvel terlaris kedua tertinggi yang pernah ada.

2. Iron Man 3
Foto: Stan Lee berpose pada acara pemutaran perdana "Iron Man 3" di teater El Capitan di Hollywood, California, AS, 24 April 2013. REUTERS / Mario Anzuoni / File Photo

Global Box Office: US$ 1,214 Miliar (Rp 17,2 triliun)

Setelah Avengers melesat, Marvel Studios tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan miliar dolar yang kedua. Iron Man 3 mengikuti jejak Avengers sebagai film pertama MCU's Phase Two, ahkan 12 bulan kemudian, minat masih sangat tinggi.

Kedua film Iron Man sebelumnya tampil solid ketika dirilis, meskipun keduanya dikritik oleh film yang lebih baru, tetapi Iron Man 3 benar-benar melonjak. Itu adalah film Marvel solo terlaris tertinggi hingga baru-baru ini.

3. Avengers: Age Of Ultron
Foto: Ist

Global Box Office: US$ 1,405 Miliar (Rp 19 triliun)

Setelah Iron Man 3, segalanya mulai tenang sedikit pada MCU. Sisa dari Tahap Dua memasang angka yang solid berkat film-film terkenal seperti Captain America: The Winter Soldier dan film Guardians of the Galaxy pertama, yang pada dasarnya membuktikan bahwa Marvel bisa melakukan apa saja, tetapi kita semua masih tahu kapan berikutnya para Avengers berkumpul bersama.

Avengers: Age of Ultron memang tak bisa menandingi bisnis yang dilakukan oleh Avengers pertama, tetapi sudah sangat dekat. Itu akan memakan waktu tiga tahun sebelum kami mendapatkan film Avengers lain, tetapi bagian lain dari waralaba akan mengambil.

4. Captain America: Civil War
Foto: Super Hero Marvels Dalam Avengers. (Dok.Marvels)

Global Box Office: US$ 1,153 Miliar (16 triliun)

Captain America: Civil War bukanlah film Avengers yang lengkap, tetapi kehadiran figur Captain America merupakan sekuel penting dalam sekuel film Marvel ini. Thor dan Hulk mungkin hilang, Black Panther dan Spider-Man masuk untuk perang yang menghibur.

Jika ada orang yang hanya menonton film Captain America pada saat ini, mereka mungkin sangat bingung. Kisah ini memiliki dampak yang signifikan bagi MCU lainnya, yang membuat wajib bagi siapa pun yang mengikuti alur yang lebih besar.

Civil War adalah film Marvel di bagian bawah klub miliaran dolar. Kita harus menunggu dan melihat apakah tetap di sana.


5. Black Panther
Foto: Ist

Global Box Office: US$ 1,346 Miliar (Rp 19 miliar)

Dalam minggu-minggu menjelang rilis Black Panther, box office memperkirakan animo penonton akan film ini terus meningkat. Kemudian filmnya benar-benar tiba dan meledak.

Sementara penghitungan akhir menempatkan Black Panther tepat di belakang Age of Ultron, Panther sebenarnya memiliki akhir pekan pembukaan yang lebih besar dari Ultron dan hanya beberapa juta dari mengalahkan The Avengers itu sendiri. Saat ini film non-Avengers terlaris tertinggi di MCU.

Kekuatan para pemain yang beragam jelas membantu yang satu ini, tetapi tidak ada seorang pun yang menyukai film-film superhero yang terlalu jauh.


6. Avengers: Infinity War
Foto: REUTERS/Mario Anzuoni

Global Box Office: $ 2,048 Miliar (Rp 29 triliun)

Tidak dimungkiri bahwa Avengers: Infinity War merupakan film Marvel dengan skala paling besar. Sebab semua superhero yang sudah mereka perkenalkan muncul dalam film ini untuk melawan musuh terbesar mereka, Thanos.

Infinity War adalah film terlaris keempat tertinggi yang pernah dibuat, di susul oleh Avatar, Titanic, dan Star Wars: The Force Awakens. Keempat film itu masing-masing meraup lebih dari $ 2 miliar dan nomor lima dalam daftar bahkan tidak dekat. Infinity War adalah suatu peristiwa yang tidak seperti yang diharapkan oleh beberapa film lain. Itu tentu membuat orang bertanya-tanya apa yang ada di masa depan mengingat ada lebih banyak cerita yang bisa diceritakan.

7. Captain Marvel
Foto: Reuters

Global Box Office: $ 1,003 Miliar (dan terus bertambah)

Sudah lama seperti Captain Marvel, mencapai angka miliaran dolar itu, dan sementara itu mengambil rute yang lambat dan mantap, seperti yang sekarang, ia telah melakukannya, menandai film Marvel ketujuh dan film ke-38 sepanjang masa, untuk mencapai tonggak sejarah.

Kemungkinan akan menambah sedikit lebih banyak untuk total box office sebelum semuanya dilakukan. Kita harus melihat apakah akhir pekan pasangan berikutnya sudah cukup untuk melampaui Captain America: Civil War, tetapi dengan film Marvel besar lainnya di jalan, perhatian akan segera beralih ke hal-hal lain.

Untuk sementara Marvel memiliki tujuh film dalam daftar ini, dan untuk yang kedelapan praktis merupakan kesimpulan terdahulu. Avengers: Endgame menjual tiket sebelum rilis bahkan lebih cepat daripada Avengers: Infinity War melakukannya, yang menyiratkan akan memiliki akhir pekan pembukaan yang lebih besar dan sangat mungkin total akhir yang lebih besar.

Dari semua ini, maka Marvel berpotensi memiliki dua film yang telah menghasilkan $ 2 miliar. Kita mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi di Fase ke-4, tetapi film yang menghasilkan banyak uang mungkin merupakan hal yang cukup aman.


Avengers Tamat, Marvel Rilis Jadwal Tayang 6 Film Jagoan
[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading