Kasus Seungri Memanas, Member CN Blue Terseret!

Lifestyle - Linda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
15 March 2019 09:33
Kasus Seungri Memanas, Member CN Blue Terseret! Foto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)
Seoul, CNBC Indonesia - Industri K-Pop sedang dihebohkan dengan kasus skandal seks yang menimpa personel BigBang, Seungri. Siapa sangka, kasus itu ternyata berkembang dan beberapa bintang terkenal K-Pop juga terseret.

Para anggota grup boyband itu disinyalir kedapatan ikut membagikan video eksplisit perempuan yang difilmkan tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka, kata kepolisian Korea Selatan. Tanpa rasa malu mereka membagikannya melalui grup percakapan online.

Polisi mengatakan pada hari Kamis (14/3/2019) bahwa ada sekitar 10 orang yang masuk dalam anggota grup percakapan Kakaotalk, termasuk idola K-Pop dan bintang BigBang Seungri, penyanyi-penulis lagu Jung Joon-young, dan personel FT Islands Choi Jong-hoon.


Tuduhan itu adalah yang terbaru dalam skandal seks, yang semakin mengancam industri hiburan bernilai miliaran dolar tersebut.



Seungri menjadi berita utama setelah pada hari Selasa (12/3/2019) diketahui bahwa ia sedang diselidiki dengan dugaan melanggar hukum prostitusi negara. Ia pun mengaku salah dan akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari BigBang dan dunia hiburan.


"Saya menundukkan kepala dan menyampaikan permintaan maaf kepada orang-orang dan orang-orang terdekat yang terluka dan menderita. Saya akan sepenuhnya terlibat dalam penyelidikan dengan jawaban yang jujur," ucap dia.

Baik Seungri atau labelnya, YG Entertainment, menanggapi permintaan CNN untuk berkomentar. Namun YG mengeluarkan pernyataan di surat kabar terbesar Korea Selatan Chosun, mengatakan bahwa mereka telah menerima permintaan penyanyi untuk mengakhiri kontraknya dengan mereka.

Bintang K-Pop diharapkan untuk memenuhi standar perilaku yang tinggi, baik dari manajemen dan penggemar mereka. Label mereka memberlakukan batasan pada siapa dan bagaimana mereka bisa berkencan di depan umum, apa yang mereka kenakan, dan bagaimana mereka berlaku di depan umum.



Berlanjut
Jung Joon-young, yang membintangi acara TV Korea "2 Days & 1 Night", juga ikut terseret dan diperiksa oleh Polisi Metropolitan Seoul pada hari Kamis. Dia sedang diselidiki atas dugaan memfilmkan wanita secara ilegal saat terlibat dalam tindakan seksual dengan mereka. Ia secara ilegal mendistribusikan video melalui media sosial, kata polisi. Disinyalir polisi terlibat.

"Tidak hanya tuduhan kolusi polisi, tetapi kami akan melakukan penyelidikan internal yang kuat, dan berdasarkan hasilnya, kami akan mengambil tindakan tegas terlepas dari pangkat mereka," kata Kepala Badan Kepolisian Nasional Korea Selatan, Min Gap-ryong, kepada anggota parlemen, Kamis (14/3/2019).


Foto: Seungri, anggota band K-pop Korea Selatan Big Bang, tiba untuk ditanyai atas kasus suap seks di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Sehubungan dengan tuduhan itu, perusahaan manajemen Jung MakeUS Entertainment telah memecatnya dari label mereka.

"Perusahaan kami telah menilai bahwa kami tidak dapat lagi melanjutkan kontrak dengan Jung Joon-young mengingat situasi saat ini," demikian Chosun.


Hingga saat ini, CNN belum dapat menghubungi Jung untuk memberikan komentar, tetapi dalam sebuah surat yang diterbitkan di media lokal Korea Selatan pada hari Rabu, ia mengaku secara diam-diam merekam wanita tanpa persetujuan mereka dan membagikan rekaman tersebut.

"Saya mengakui semua kesalahan saya," katanya menurut surat kabar terbesar Korea, Chosun.


Sejak itu Jung telah dikeluarkan dari acara "2 Days & 1 Night" dan penampilannya akan diedit dari dua episode yang sudah difilmkan, menurut produser acara itu.


"Para produser telah mempertimbangkan keseriusan situasi dan telah memutuskan untuk menangguhkan penampilan Jung Joon-young di acara itu," tulis sebuah pernyataan resmi yang diposting di situs web penyiar publik situs web KBS baca.

Foto: Penyanyi Korea Selatan Jung Joon-young tiba untuk diinterogasi dengan tuduhan merekam secara ilegal dan berbagi video seks di media sosial, di Kantor Polisi Metropolitan Seoul di Seoul, Korea Selatan, 14 Maret 2019. (REUTERS / Kim Hong-Ji)


Nama terbaru yang terseret skandal itu adalah personel band CN Blue, Lee Jong Hyun. Siaran televisi SBS '8 O'clock News' yang membongkar nama gitaris CN Blue di berita Kamis malam, (14/3/2019).

SBS menyebut Lee Jong Hyun diketahui menerima video seksual dalam percakapan dengan Jung Joon Young, penyanyi yang sebelumnya terlibat skandal rekaman video tak senonoh dengan 10 wanita yang disebar secara ilegal.

Joon Young dan Jong Hyun kemudian diketahui membicarakan wanita seperti obyek mainan. Berita itu juga menyebut pesan yang dikirim oleh Choi Jong Hoon, anggota band FT Island yang belakangan ketahuan terlibat skandal seks juga dan menutupi insiden mabuknya dengan menyogok polisi.

Simak video terkait skandal seks bintang K-Pop di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading