Biasa Beri Hadiah, Apa Kata Jokowi Soal Bersepeda?

Lifestyle - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
09 March 2019 - 20:28
Biasa Beri Hadiah, Apa Kata Jokowi Soal Bersepeda?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengingatkan agar kaum muda atau generai milenial berkendaraan menjaga keselamatan dalam berkendara. Hal itu sangat mendasar untuk menghindari kecelakaan lintas yang saat ini berada di peringkat kelima salah satu penyebab kematian di dunia.

Hal itu disampaikan Kepala Negara di sela kunjunngannya di Palembang, Sumatera Selatan saat menghadiri acara Deklarasi Millennials Road Safety Festival di Jembatan Ampera, Sabtu (9/3/2019) didampingi Ibu Negara riana Joko Widodo.

"Saya ingin titip, enggak banyak-banyak. Kalau mau berkendaraan tolong dicek betul, pertama lampunya nyala enggak, spionnya harus komplit. Sebelum berkendaraan helm harus siap dan dipakai," ujar Presiden.
Sering Beri Hadiah, Jokowi Ajak BerFoto: jokowi acara millenial road safty festival/Biro pers kepresidenan




Tak hanya dari sisi perlengkapan, Presiden juga mengingatkan agar kelengkapan surat seperti Surat Izin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga dipersiapkan sebelum berkendaraan. "Jadi kalau nanti ditanyakan oleh Polantas, kita juga bisa menunjukkan bahwa kita memiliki STNK dan SIM," kata Jokowi.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan, ribuan anak muda yang hadir di acara tersebut agar tidak menggunakan telepon genggamnya saat mengemudikan kendaraan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk pengendara sepeda motor, tetapi juga pengendara mobil.

"Tidak boleh loh, waktu berkendaraan tidak boleh main handphone, berbahaya sekali. Naik mobil pun berbahaya sekali, nyetir sambil main handphone. Karena kita ini kalau pas pergi ditunggu keluarga dan orang tua kita di rumah. Jadi hati-hati dalam berkendaraan. Siapkan, cek semua kelaikan kendaraan," tuturnya.

Menurut Presiden, kecelakaan lalu lintas saat ini berada dalam peringkat kelima penyebab kematian di dunia. Sehingga, dia meminta agar masyarakat bisa lebih berhati-hati lagi. "Kecelakaan di dunia memakan korban, rangking lima. Pertama jantung, penyakit paru-paru, diabetes, dan lain-lain. Nomor lima itu kecelakaan lalu lintas. Hati-hati," tandas Jokowi.

Biasa Beri Hadiah, Jokowi Ajak Milenial Waspada BersepedaFoto: jokowi acara millenial road safty festival/Biro pers kepresidenan
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading