Di Balik Kemewahannya, Piala Oscar Cuma Seharga Rp 14 Ribu

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 February 2019 15:20
Di Balik Kemewahannya, Piala Oscar Cuma Seharga Rp 14 Ribu
Jakarta, CNBC Indonesia- Gelaran Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2019 baru saja usai. Acara yang berlangsung di Dolby Theatre ini adalah penghargaan paling bergengsi dan prestasi tertinggi bagi pelaku industri film di dunia.

Tapi di balik acaranya yang penuh gengsi, tahukah Anda bahwa harga piala Oscar yang diboyong oleh para artis itu cuma senilai US$ 1 atau setara Rp 14 ribu?

Di Balik Kemewahannya, Piala Oscar Cuma Seharga Rp 14 RibuFoto: Perayaan OSCAR AWARD 2019 di Hollywood, Los Angeles, California, A.S., 24 Februari 2019. (REUTERS / Mike Blake)





Dilansir dari CNBC Internasional, ini terkait aturan ketat yang diterbitkan oleh The Academy of Motion Picture Arts and Sains, yang merupakan panitia penyelenggara acara ini. Mereka terbitkan aturan di mana piala-piala Oscar ini tidak boleh dijual oleh para pemenangnya, sebelum ditawarkan untuk dijual kembali ke penyelenggara dengan harga US$ 1, tidak boleh lebih.

Ini artinya, piala ini tak lebih dari US$ 1. Aturan ini juga berlaku untuk ahli waris penerima piala.

Beberapa tahun lalu, The Academy sempat mematok angka lebih tinggi untuk patung-patung Oscar, yakni US$ 10 bagi penerima maupun ahli waris yang akan menjualnya.

Sebelumnya, sempat terjadi sengketa hukum gara-gara Joseph Wright - pemenang Oscar untuk film 'My Gal Sal' 1942, menjual pialanya dan tau-tau berujung ke Nate D Sanders, perusahaan yang jual memorabilia Hollywood dan barang koleksi.

Di Balik Kemewahannya, Piala Oscar Cuma Seharga Rp 14 RibuFoto: Bob Persichetti, Peter Ramsey, Rodney Rothman, Phil Lord dan Christopher Miller berpose di belakang panggung dengan penghargaan Film Fitur Animasi Terbaik untuk "Spider-Man : Into The Spider-Verse. " (REUTERS / Mike Segar)


Diketahui belakangan bahwa Nate Sanders mendapat piala tersebut dari Briarbrook Auctions, dengan membelinya seharga US$ 79.200 atau setara Rp 1,1 miliar. Lalu siapa yang mengirimnya ke Briarbook? Ternyata keponakan Wright, Joseph Tutalo, pada 2014.

The Academy lantas menuntut tempat lelang Briarbook untuk menerapkan kebijakan US$ 10 yang diatur pada 1951. Meski Wright dapat piala tersebut sebelum aturan berlaku, Pengalidan Los Angeles memutuskan untuk berada di sisi The Academy.

Gugatan ini yang kemudian makin menguatkan The Academy dan menegaskan bahwa piala Oscar tidak bisa dijadikan barang dagangan umum

Saksikan video deretan pemenang Oscar 2019 di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading