Ini 5 Daerah Indonesia yang Paling Heboh Soal Harbolnas

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 December 2018 - 12:28
Ini 5 Daerah Indonesia yang Paling Heboh Soal Harbolnas
Jakarta, CNBC Indonesia- Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia setiap tanggal 12 Desember sedang dinantikan.

Pertama Kali digelar pada 12 Desember 2012, kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman & nyaman dan bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, gelaran ini juga ditujukan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia yang merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi.


 
Belanja online mulai digemari masyarakat dan para pelaku ecommerce yang ikut berpartisipasi dalam Harbolnas kian bertambah. Portal diskon tanah air CupoNation menganalisa perkembangan atensi masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas.
 
Berdasarkan riset tentang jumlah penelusuran Harbolnas melalui google, telah disimpulkan bahwa jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri tentang kampanye Harbolnas bertambah di dua tahun terakhir. Volume penelusuran kata kunci tersebut mengalami peningkatan sebanyak 20% pada tahun 2017 dibandingkan tahun 2016.
 
Tidak hanya itu, jumlah pengguna internet di Indonesia dari berbagai wilayah juga berpengaruh terhadap pemburu diskon. Hal ini menimbulkan kesenjangan dimana beberapa wilayah di Indonesia memiliki popularitas penelusuran yang lebih tinggi daripada wilayah lainnya. 


Jika dilihat dari data 2 tahun terakhir mulai tahun 2016 hingga 2017, maka volume penelusuran google tertinggi pada kata kunci Harbolnas berasal dari Banten. Sedangkan urutan ke-2 adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, ke-3 Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ke-4 wilayah Jawa Barat dan terakhir Jawa Tengah.

Jadi 5 daerah yang paling heboh dengan Harbolnas adalah; Banten, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Sebelumnya, studi ini mengambil dari popularitas pencarian kata kunci Harbolnas yang didapatkan melalui Google Trends. Studi ini diambil pada periode 1 Januari 2016 sampai 31 Desember 2017.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading