Milenial Paling Banyak Habiskan Duit Belanja Akhir Tahun 2018

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
27 November 2018 14:52
Milenial Paling Banyak Habiskan Duit Belanja Akhir Tahun 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Musim libur akhir tahun telah tiba. Banyak orang memutuskan untuk pergi berlibur atau belanja karena tergiur berbagai promosi menarik, termasuk cashback. 

Menurut survei Discover Holiday Shopping 2018, generasi milenial yang paling boros dibanding lainnya dalam menghabiskan uang di akhir tahun ini. Lebih dari sepertiga milenial mengaku pengeluaran mereka meningkat dibanding tahun lalu. 




Dari 2 ribu responden orang dewasa Amerika Serikat, 33% generasi Z, 26% generasi Xers, dan 16% baby boomers, mengaku kalau mereka lebih banyak menggunakan kartu kredit untuk belanja di akhir 2018. 

Penggunaan kartu kredit melonjak hingga 38% tahun ini, naik dari 32% pada 2017. Ini karena pembeli mencoba mengambil keuntungan dari cashback serta promosi lainnya. 

"Di antara mereka yang menyukai kartu kredit untuk pembelian kebutuhan liburan, 54% orang mengatakan demi mendapatkan cashback atau bonus lain, naik dari 42% pada tahun lalu," ungkap Discover seperti dilansir dari CNBC Make It.

Survei juga menunjukkan bahwa kurang dari seperempat responden berencana menggunakan kartu kredit untuk membayar sebagian besar pengeluaran buat membeli hadiah akhir tahun. Hanya 20% yang ingin membayarnya tunai.

Survei pun mengungkap bahwa sekitar 80% generasi milenial melakukan pembelian melakukan perangkat seluler. Hanya 41% yang berasal dari baby boomers. 

Milenial Paling Banyak Habiskan Duit Belanja Akhir Tahun 2018Foto: Arie Pratama


Melihat hal ini, banyak penjual yang memanfaatkan promosi tersebut buat menarik milenial agar belanja lebih banyak selama musim libur. Agar tidak terjerat dengan trik tersebut, banyak perencana keuangan serta crazy rich menyarankan untuk berhati-hati saat menggunakan kartu kredit.

Jika berencana menggunakannya, lihat manfaat poin dari hadiah bukan menambah pembelian lebih banyak dibanding yang dapat Anda bayar. Jangan gegabah dalam memakai kartu kredit. 

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading