7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich Indonesian

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 November 2018 11:33
7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich Indonesian
Jakarta, CNBC Indonesia- Masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia, banyak pengusaha yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk tujuan sosial.

Berbagai macam bentuk yang di arahkan tentunya untuk pembangunan negara yang berkelanjutan. Para pengusaha banyak berkontribusi di bidang agama, kemanusiaan, lingkungan hidup, pendidikan dan kesehatan. Lantas apa saja saja yayasan yang dimiliki the crazy rich Indonesia, berikut adalah rangkuman dari CNBC  Indonesia. 


Yayasan Hadji Kalla
Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla atau disingkat dengan Yayasan Kalla didirikan pada 24 April 1984 adalah milik Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.


7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich IndonesianFoto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki


Melalui yayasan ini, Kalla Group menjalankan program Corporate Social Responsibility dan menyalurkan dana zakat perusahaan.

Setiap tahunnya, yayasan ini akan menyisihkan Rp 34 miliar dari 16 anak perusahaan Kalla Group. 16 anak perusahaan tersebut terbagi dalam enam kelompok sektor dari berbagai bidang seperti Kalla Automotive, Kalla Transport & Logistics, Development & Constructions, Kalla Manufacture, Kalla Energy dan Yayasan.

Ancora Foundation
Yayasan ini didirikan langsung Gita Wirjawan yang bergerak di bidang pendidikan, dengan memberikan beasiswa bagi putra-putri terbaik di Indonesia. Berdiri pada tahun 2009, lembaga ini memiliki tujuan untuk melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkualitas


Tanoto Foundation
Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia.

Adapun strategi Tanoto Foundation terfokus dalam tiga bidang yaitu pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup.  Selain mendapatkan dukungan keuangan dan uang saku, penerima beasiswa Tanoto Foundation juga mendapatkan  konseling serta pelatihan peningkatan kemampuan soft skills.



Yayasan Adaro 
Merupakan yayasan korporasi yang dibentuk oleh Adaro Group, yang kini digawangi oleh Garibaldy Thohir atau Boy Thohir, untuk mendukung pencapaian misi perusahaan yaitu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan nasional. 

7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich IndonesianFoto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki




CT Arsa
Pengusaha ternama Chairul Tanjung beserta sang istri Anita Ratnasari Tanjung membentuk CT ARSA Foundation. Adapun visi nya adalah untuk memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas serta optimalisasi kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu. 
7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich IndonesianFoto: CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto




Yayasan ini pertama kali memulai langkahnya dengan mendirikan Rumah Anak Madani di Deli Serdang untuk membantu anak-anak korban tsunami Aceh pada 2005.



Eka Tjipta Foundation
Organisasi nirlaba ini merupakan milik dari keluarga Eka Tjipta Widjaja dan telah berdiri sejak tahun 2006. Yayasan ini juga salah satu wadah kegiatan sosial perusahaan-perusahaan di bawah berbendera Sinarmas.

Sebelumnya, Eka Tjipta Widjaja sendiri merupakan pemilik Sinar Mas Group yang bergerak di bidang perkebunan, pulp and paper, properti, keuangan, dan energi. Nilai kekayaannya mencapai US$13,9 miliar atau naik dari US$10,8 miliar yang dikantonginya pada tahun lalu.


Djarum Foundation
Yayasan Djarum merupakan organisasi nirlaba yang didirikan oleh Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Yayasan ini fokus pada memajukan bangsa dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam Indonesia.

7 Aksi Nyata Filantropi Para Crazy Rich IndonesianFoto: Muhamad Nurrahmat


Kekayaan Michael Hartono mencapai US$ 16,7 miliar atau setara Rp 225 triliun, sementara saudaranya Budi Hartono memiliki kekayaan mencapai US$ 17,4 miliar atau setara Rp 234 triliun.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading