Internasional

Cerai, Janda Bill Gates Ogah Sumbang Banyak Gates Foundation?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 February 2022 11:05
Bill Gates dan Melinda bercerai. (IG: thisisbillgates)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan istri Bill Gates, Melinda, disebut akan mengubah pendekatannya ke yayasan amal yang ia dirikan bersama sang miliarder, Bill & Melinda Gates Foundation. Ia dilaporkan telah memutuskan tak akan memberikan banyak uang lagi ke lembaga itu.

Hal ini dilaporkan Wall Street Journal sebagaimana dimuat CNN International dan The Guardian. Keputusan resmi sudah dibuat janda dengan kekayaan US$ 11,4 miliar tersebut sejak akhir tahun lalu.


Ia pun, dikatakan kemungkinan akan menyalurkannya ke lembaga amal lain. Keinginan itu diutarakan bersamaan saat ia mengirimkan surat The Giving Pledge, kampanye yang ia buat besama Bill Gates dan miliarder Warren Buffett, untuk mendorong orang-orang kaya mendonasikan uangnya.

"Saya menyadari absurditas begitu banyak kekayaan yang terkonsentrasi di tangan satu orang. Dan saya percaya satu-satunya hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan dengan kekayaan sebesar ini adalah untuk memberikannya, 'sebaik' mungkin," tulisnya dalam sebuah surat, dikutip Jumat (4/2/2022).

"Itulah sebabnya ... saya berkomitmen untuk melakukan lebih dari sekadar menulis cek. Saya akan mencurahkan waktu, tenaga, dan upaya saya untuk pekerjaan memerangi kemiskinan dan kesetaraan untuk perempuan serta anak perempuan dan kelompok terpinggirkan lainnya, di Amerika Serikat dan di seluruh dunia."

Gates Foundation adalah salah satu lembaga filantropi terbesar di dunia, dengan dana abadi lebih dari US$ 50 miliar. Badan ini menghabiskan dua dekade terakhir berfokus pada inisiatif termasuk kesetaraan gender, kesehatan global, pengentasan kemiskinan dan peluncuran global vaksin Covid-19.

Gates Foundation menolak berkomentar soal pemberitaan Melinda. Sementara Melinda sendiri diketahui telah membangun Pivotal Ventures pada tahun 2015 dengan fokus pada masalah wanita dan keluarga di AS dan menjanjikan US$ 1 miliar selama 10 tahun sesak 2019.

Melinda dan Bill Gates bercerai sejak 2021. Namun keduanya sempat menulis surat pribadi, berisi komitmen masing-masing pada filantropi.

Bill Gates sendiri menekankan yayasan itu tetap prioritas utamanya. "Bahkan ketika pemberian saya di bidang lain telah berkembang selama bertahun-tahun," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Bujet Rp 28 M, Putri Bill Gates Resmi Nikah secara Islam


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading